Sukses

Lifestyle

Fimela Fest 2019: 3 Pengaturan Keuangan yang Penting Buat Perempuan Milenial

Fimela.com, Jakarta Gaya hidup gemerlap mungkin sangat akrab di tengah kehidupan kota besar bagi para milenial peremuan. Mulai dari nongkrong bersama teman-teman di kafe, membeli kopi setiap pagi untuk meningkatkan mood sepanjang hari, hingga kebutuhan skincare yang kadang membuat tagihan kartu kredit membengkak. 

Sayangnya, selain masih ada banyak perempuan yang belum aware dengan kesehatan finansialnya, tidak ada 'guru' yang mengajari bagaimana mengatur keuangan yang tepat di usia muda. Pasalnya, menabung untuk hari tua saja belum cukup. 

Menabung uang di bank rutin setiap bulan memang bisa membantu kehidupan di hari tua nanti. Tapi, apa kabar dengan inflasi yang selalu ada setiap tahunnya, meskipun hanya sekian persen? 

Karena itu, tulis Kiplinger, perempuan muda juga harus belajar mengenai penataan dan pengaturan keuangan pribadi sedini mungkin. Justru, mumpung Sahabat Fimela masih muda, pengetahuan soal personal-finance sangat penting. Berikut 3 tips pengaturan keuangan pribadi yang jauh dari kata ribet untuk perempuan muda. 

 

1. Lunas Bayar Utang

Kartu kredit merupakan alat pembayaran non tunai yang seharusnya bisa membantu memudahkan transaksi. Bukan sebagai pengganti atau penambahan jumlah uang yang kamu miliki. 

Ketika tagihan agak membengkak, sering kali orang membayar utang kartu kredit dengan jumlah minimal. Hal ini justru akan menambah utangmu karena pastinya ada bunga meski rendah. Selain itu, kamu akan membutuhkan waktu lama hingga utang lunas. Jadi, demi finansial yang sehat, sebaiknya Sahabat Fimela selalu membayar lunas utang kartu kreditnya. 

2. Emergency Fund

Tabungan memang rutin ditambah setiap bulan. Tapi, kadang ornag lupa untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk uang jaga-jaga atau emergency fund. Uang ini jangan pernah kamu usik hingga ada hal yang sifatnya urgent seperti membayar tagihan rumah sakit, ban bocor, kecelakaan, atau tiba-tiba harus patungan untuk teman yang ulang tahun di kantor. 

3. Investasi

Menabung itu bagus, tapi akan selalu ada inflasi setiap tahunnya. Karena itu, investasi itu penting agar tabunganmu tidak tergerus inflasi meski hanya sekian persen. 

Ada begitu banyak jenis investasi yang bisa milenial ikuti. Mulai dari investasi emas batangan, reksa dana yang bisa diikuti mulai dari Rp100 ribu saja, hingga investasi saham yang bisa kamu pelajari secara otodidak. Jadi, investasi merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai skema finansial yang sehat. 

***

Ingin memahami lebih dalam tentang pengaturan keuangan yang tepat? Yuk, daftarkan diri kamu sekarang juga di sini dan raih kesempatan untuk datang ke Fimela Fest 2019.

 

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading