Sukses

Lifestyle

4 Tips Agar Bumbu Mudah Diulek Tanpa Membuat Tangan Lelah

Fimela.com, Jakarta Seringkali ketika ingin menghaluskan bumbu dengan ulekan atau cobek, tangan jadi lelah dan nyeri semua. Bisa sih menghaluskan pakai blender, tapi rasanya tak seenak jika bumbu dihaluskan memakai kekuatan tangan menggunakan cobek dan ulekan.

Bagi yang suka memasak, pasti bisa membedakan rasa bumbunya. Tapi bagaimana jika harus mengulek bumbu banyak dengan tangan? Ini caranya agar bumbu mudah diulek tanpa membuat tangan pegal.

1. Potong-potong

Pasti sulit jika harus mengulek semua bumbu sekaligus, jadi ptong-potong lebih dulu untuk mempermudah proses pengulekan. Jika ingin lebih mudah, kamu juga bisa mengiris tipis semua bumbu sehingga lebih mudah dihaluskan.

2. Peran garam dan gula

Seringkali mengulek bumbu tanpa garam dan gula terasa berbeda dengan menggunakannya. Menambahkan garam dan gula akan mempermudah proses pengulekan karena menambah tekstur kasar pada bumbu dan mengurangi air dari bumbu yang membuatnya licin.

3. Pilih cobek dan ulekan batu

Ada jenis cobek kau dan baru, jika ingin mempermudah mengulek bumbu lebih cepat, gunakan cobek dan ulekan batu yang lebih berat. Tekanan pada ulekan batu akan mempermudah saat menghaluskan bumbu.

4. Haluskan dari yang paling susah

Jika tak sanggup mengulek sekaligus, lakukan satu per satu bumbu. Mulai dari yang paling susah dihaluskan atau yang teksturnya paling keras hingga yang paling mudah. Sisihkan setiap selesai mengulek, setelah semuanya halus, ulek bersamaan agar tercampur rata.

Itu dia caranya agar bumbu mudah diulek jika tak ingin tangan gampang lelah.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading