Sukses

Lifestyle

Cara Menanak Nasi Agar Makin Pulen dan Beraroma Wangi

Fimela.com, Jakarta Menanak nasi bisa dibilang sebagai aktivitas yang gampang-gampang susah. Bagi kita yang jarang masak nasi atau bahkan tak pernah memasaknya, tentunya ini akan membuat kita merasa sangat kebingungan. Sedangkan bagi kita yang sudah bisa atau terbiasa memasak, tidak jarang kita akan tetap mendapatkan nasi yang kurang pulen atau kurang enak.

Nasi dengan tekstur pulen dan enak adalah kesukaan banyak orang. Untuk memasak nasi yang pulen ada bebrapa cara yang harus diperhatikan. Apalagi jika kita ingin mendapatkan nasi pulen sekaligus dengan aroma wangi yang menggugah selera.

Kali ini Fimela punya cara memasak nasi agar makin pulen dan beraroma wangi khas. Simak baik-baik ya.

 

Cara Memasak Nasi Agar Pulen

      1. Saat membeli beras, usahakan untuk membeli beras dengan kualitas baik. Hindari membeli beras yang sudah berkutu, mudah hancur dan berbau apek.
      2. Cuci beras hingga bersih tapi hindari mencuci beras sampai air cucian beras bening. Mencuci beras hingga air cuciannya bening dikhawatirkan bisa mengubah rasa nasi dan menurunkan nutrisinya setelah dimasak.
      3. Masak nasi dengan air cukup. Pakai rasio 1 banding 2. Artinya adalah jika dirimu memasak 1 gelas nasi, air untuk memasaknya 2 gelas atau bahkan lebih sesuai selera. Semakin banyak air yang digunakan untuk memasak, nasi yang dihasilkan akan semakin empuk. Tapi ingat, jangan gunakan terlalu banyak karena ini akan menghasilkan nasi yang lembek seperti bubur.
      4. Jika ingin memasak nasi dalam waktu yang sangat cepat, masak dulu beras di kompor hingga setengah matang sebelum dimasukkan ke dalam magic com. Beras yang dimasak dulu sebelum ditanak akan memiliki cita rasa yang lebih lezat, pulen dan pastinya proses menanaknya bisa lebih cepat.
      5. Untuk menambah wangi pada nasi, tambahkan daun pandan, minyak kelapa, minyak zaitun atau batang serai selama proses pemasakan.
      6. Jika dirimu ingin mendapatkan nasi yang lebih putih, tambahkan beberapa tetes air jeruk nipis ke dalam beras dan air sebelum dimasak.

Itulah cara menanak nasi agar lebih pulen dan beraroma wangi. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading