Sukses

Lifestyle

Kenali 4 Jenis Kerajinan Tangan yang Bisa Menghasilkan Uang di Fimela Fest 2019

Fimela.com, Jakarta Crafting atau kerajinan tangan merupakan salah satu jenis karya seni yang bukan cuma sekadar hobi belaka. Begitu banyak perempuan-perempuan muda yang memiliki kemampuan untuk membuat suatu kerajinan tangan unik. Namun, tidak semuanya menjadikan hobi ini sebagai salah satu ladang uang tambahan di samping gaji bulanan. 

Dilansir dari Etsy Blog, kerajinan tangan memiliki peluang bisnis yang besar. Mengingat hasil karyanya bukan buatan pabrik, banyak orang yang mendapatkan produk-produk kerajinan tangan yang unik. 

Sayangnya, modal yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan tangan tidak murah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak tersedia di banyak toko. Tapi, manjadikan hobi ini sebagai penghasilan tambahan merupakan ide cemerlang buat Sahabat Fimela yang ingin mengubah hobinya menjadi sebuah bisnis. 

Jangan takut bingung saat berkarya dan berjualan hasil kerajinan tanganmu sendiri. Soalnya, ada begitu banyak jenis kerajinan tangan yang bisa kamu pelajari. 

 

Kerajinan Tangan dari Tanah Liat

Clay atau tanah liat bisa dibentuk menjadi piring dan gelas atau vas bunga. Kamu bisa membentuknya menjadi miniatur atau hiasan menarik untuk di rumah. Jangan salah, kerajinan tangan yang membutuhkan ketekunan ekstra ini memang tidak mudah. Tetapi, segala sesuatu bisa kamu pelajari, kan? 

Aksesoris dari Manik-manik

Kerajinan tangan untuk membuat perhiasan dari manik-manik sebenarnya pernah diajarkan pada saat masih di sekolah dulu. Kalau kamu tertarik dengan kerajinan tangan yang satu ini, kamu bisa membeli beragam manik-manik di toko khusus kerajinan tangan secara online atau pun offline. 

Dari manik-manik itu, bukan hanya kalung dan gelang yang bisa kamu ciptakan. Tetapi juga anting, hiasan rambut, dan juga gantungan kunci unik. 

Patchwork

Kerajinan menjahit kain perca juga diajarkan kepada murid-murid di beberapa sekolah. Keterampilan khusus ini bukan hanya melatih kesabaran, tetapi juga melatih kemampuan untuk menciptakan pola unik. Tentu saja, keterampilan dan kreativitasmu di sini akan diasah. 

Cross Stitch

Tak suka menjahit? Kamu mungkin lebih tertarik dengan cross stitch yang juga biasa disebut dengan kruistik. Hobi kerajinan tangan yang satu ini memang membutuhkan kesabaran ekstra dan kemampuan yang bisa kamu raih dengan cara berlatih sesering mungkin. 

Kruistik jika dijual biasanya tidak murah. Karena biasanya hasil karya itu berukuran besar. Ditambah lagi kruistik membutuhkan kemampuan tingkat menengah ke atas untuk bisa menghasilkan karya yang rapi. Saking istimewanya, kruistik kerap disebut sebagai hobi melukis dengan benang dan karya-karyanya kerap dipamerkan di berbagai galeri. 

Jika Sahabat Fimela tertarik untuk belajar bagaimana cara membuat salah satu jenis kerajinan tangan, kamu bisa mengunjungi Fimela Fest 2019 dan mengikuti talkshow Art and Craft Class: DIY Makeup Bag and Accessories with Indonesian Crafter bersama Indonesian Crafter.

Indonesian Crafter

Kamu tertarik untuk mempelajari carfts atau handmade stuff? Kamu mungkin bisa bergabung dengan Indonesian Crafter yang diinisiasi Chesiria Tattia Yuniarie. Indonesian Crafter ini hadir sebagai wadah buat orang-orang yang hobi berkreasi dengan tangan sendiri. 

Bermula dari media sosial di tahun 2011, perempuan yang akrab disapa Chesie ini kerap mengunjungi bazaar craft seperti Tobucil di Bandung atau craft market di Kemang, Jakarta. Dari sanalah, dia kenal banyak pengrajin atau pehobi kerajinan tangan. 

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading