Sukses

Lifestyle

7 Bahan Ini Bisa Jadi Pengganti Baking Powder untuk Kue

Fimela.com, Jakarta Baking powder seringkali dibutuhkan ketika membuat kue karena perannya dalam mengembangkan kue. Namun ketika tak ada baking powder atau sedang kehabisan, ternyata kita bisa mengganti baking powder dengan bahan lain dengan fungsi yang sama. Ini dia bahan-bahan yang bisa menggantikan baking powder.

1. Putih telur

Kocok putih telur hingga mengembang soft peak, kemudian campurkan pada adonan kue. Putih telur secara alami memang dikenal sebagai pengembang kue, udara-udara yang terjebak di dalam putih telur akan mengembangkan kue.

2. Jus lemon

Jika perasan lemon dicampurkan dengan baking soda, fungsinya sama seperti baking powder. Asam pada lemon akan bereaksi dengan baking soda sehingga membentuk karbon dioksida. Campurkan dengan perbandingan 2,5 gr lemon dan 5 gr baking soda.

3. Cuka

Seperti halnya lemon, air cuka juga bisa menggantikan baking powder jika dicampurkan dengan baking soda. Cukup campurkan 1/4 sendok teh baking soda dengan 1/2 sdt cuka untuk menggantikan satu sendok teh baking powder.

 

4. Plain yogurt

Yogurt memiliki rasa asam yang bisa menjadi pengembang. Fermentasi susu ini akan bekerja dengan sangat baik karena memiliki bakteri yang aktif. Jika ingin menggunakan yogurt, kurangi air untuk adonan.

5. Cream of tartar

Cream of tartar juga berfungsi sangat baik menggantikan baking powder karena sifat asamnya. Gunakan perbandingan 2:1 untuk campuran cream of tartar dan baking soda untuk baking powder. Misalnya 1 gr baking soda dan 2 gr krim of tartar untuk 1 sdt baking powder.

6. Ragi

Fungsi utama ragi juga menjadi pengembang, dan sangat bisa menggantikan baking powder untuk adonan roti. Seringkali orang tak perlu lagi menambahkan baking powder jika sudah menggunakan ragi.

7. Buttermilk

Buttermilk atau susu mentega juga memiliki rasa asam fermentasi yang bisa digunakan sebagai pengganti baking powder. Campurkan 122 gr buttermilk dengan 1 gr baking soda untuk mengganti 1 sdt baking powder.

Nah, itu dia sekian bahan pengganti baking powder yang bisa diapakai jika kebetulan tak ada baking powder.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading