Sukses

Lifestyle

Cegah Peretasan dan Penipuan, Media Sosial Luncurkan Fitur Keamanan Khusus

Fimela.com, Jakarta Maraknya peretasan akun alias hacking dan penipuan alias phishing tentu saja merugikan banyak pihak selain sang pemilik akun. Terlpas dari kesulitan pencegahan kedua tindak kriminal tersebut, Instagram memilih untuk mencegah upaya orang untuk melakukan peretasan akun dan penipuan dengan meluncurkan fitur keamanan baru, "Email dari Instagram.' 

Fitur ini membantu pencegaah upaya peretasan akun dan penipuan yang bekerja dengan cara membantu pengguna Instagram memastikan apakah email yang diterima merupakan email resmi yang dikirim tim Instagram, atau email palsu yang mengatasnamakan Instagram. 

“Hacking dan phishing adalah perilaku yang sudah ada sejak lama. Namun, sekarang ini para pelaku kejahatan semakin pintar dalam membuat email palsu yang mengatasnamakan Instagram. Sehingga banyak pengguna yang tertipu karena semakin sulit membedakan email yang resmi dari Instagram dan email palsu. Melalui fitur ini, kami ingin memberi kemudahan bagi pengguna untuk memastikan validitas setiap email terkait akun Instagram mereka secara langsung dari layanan Instagram, baik di perangkat mobile maupun desktop,” jelas juru bicara Instagram.

Validasi email

Sahabat Fimela dapat memastikan validitas email yang kamu terima. Jangan langsung membuka email yang mengatasnamakan Instagram tampa melakukan validitas melalui langkah ini: 

●      Aplikasi Instagram: Tekan simbol tiga titik (...), pilih “Pengaturan”, tekan “Keamanan”, pilih “Email dari Instagram”

●      Mobile web: Tekan simbol tiga titik (...), tekan “Opsi”, pilih “Email dari Instagram”

●      Desktop: Tekan simbol tiga titik (...), pilih “Pengaturan”, tekan “Email dari Instagram”

 

 Setelah menemukan fitur Email dari Instagram, pengguna akan melihat dua buah tab, antara lain:

●      Tab “Keamanan” yang berisi daftar email resmi yang dikirim oleh Instagram terkait keamanan akun dan aktivitas login dalam 14 hari terakhir. 

●      Tab “Lainnya” yang berisi daftar email lainnya diluar email keamanan akun yang dikirim oleh Instagram dalam 14 hari terakhir.

 Selain itu, Sahabat Fimela juga harus berhati-hati sebelum mengklik tautan atau link yang dikirim dengan mengatasnamakan Instagram. Jika tidak sengaja mengklik link tersebut, kamu bisa mengambil alih kembali akun mereka melalui beberapa langkah di sini

 

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading