Sukses

Lifestyle

Cara Menaikkan Trombosit Darah pada Anak dengan Cepat secara Alami

Fimela.com, Jakarta Trombosit merupakan sel darah merah yang berperan dalam proses pembekuan darah, dengan cara saling menempel untuk membentuk bekuan darah. Trombosit diproduksi di sumsum tulang, hanya dapat bertahan 10 hari dan selanjutnya sumsum tulang akan memperbarui persediaannya.

Jumlah trombosit dalam sel darah yang normal pada manusia adalah 150.000-450.000 per mikroliter darah. Bila jumlah trombosit tidak memenuhi batas normal, jumlah sel darah merah akan menurun dan dapat menimbulkan anemia. Berikut akan kami bagikan tips cara menaikkan trombosit darah pada anak dengan cepat secara alami.

Cara Menaikkan Trombosit Darah

Trombosit terbentuk dalam sumsum tulang belakang melalui stem sel. Jika stem sel mengalami kerusakan, maka produksi komponen darah akan terganggu termasuk produksi trombosit. Berikut adalah cara menaikkan trombosit darah.

Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur harus mengalami pengolahan yang baik pula. Hal ini bertujuan agar makanan sehat yang kamu konsumsi dapat menjadi cara menaikkan trombosit darah pada tubuh kamu.

Mengurangi konsumsi makanan tidak sehat

Cara menaikkan trombosit darah pada tubuhmu, bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan tidak sehat. Makanan tidak sehat yang dimaksud yaitu makanan yang mengandung minyak, gula, junk food, minuman beralkohol dan berkafein.

Minum air hangat

Meminum air hangat bisa kamu gunakan sebagai cara menaikkan trombosit darah dalam tubuhmu, sebab air hangat berguna dalam penyerapan nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuhmu.

Cara Menaikkan Trombosit pada Anak

Idiophatic Thrombocytopenic Purpurae atau ITP adalah penyakit yang secara gejala mirip-mirip dengan DBD, yaitu muncul bintik merah atau ruam pada kulit. ITP akut menimbulkan penurunan trombosit pada anak-anak. Untuk itu, kami akan membagikan cara menaikkan trombosit pada anak.

Mengonsumsi makanan yang mengandung folat

Mengonsumsi makanan yang mengadung folat bisa menjadi salah satu cara menaikkan trombosit pada anak. Folat berperan penting dalam produksi sel darah merah. Kandungan folat bisa kamu temukan pada kacang-kacangan, jeruk segar, hati sapi, asparagus, buncis dan sayuran berdaun hijau gelap.

Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi

Tidak hanya folat, zat besi juga mendukung fungsi tubuh untuk menghasilkan sel darah merah baru. Zat besi terkandung pada kerang, biji labu, dan cokelat hitam yang bisa kamu gunakan menjadi cara menaikkan trombosit pada anak.

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D

Salah satu cara menaikkan trombosit pada anak adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Vitamin D mendukung fungsi sumsum tulang yang memproduksi trombosit dan sel darah lainnya. Vitamin D bisa kamu peroleh dari kuning telur, ikan salmon, ikan tuna, susu serta yogurt.

Cara Menaikkan Trombosit dengan Cepat

Trombosit berguna dalam proses pembekuan darah. Manakala tubuh mengalami luka, trombosit akan menuju titik luka dan membuat sumbatan awal. Selanjutnya, trombosit akan berubah bentuk menyerupai tentakel untuk membentuk sumbatan penutup luka agar darah berhenti keluar. Berikut akan kami berikan tips cara menaikkan trombosit dengan cepat.

Jambu biji

Jambu biji merupakan buah yang bisa digunakan menjadi cara menaikkan trombosit dengan cepat. Jambu biji kaya akan vitamin C dan mudah dikonsumsi, baik dimakan secara langsung maupun dijus.

Bayam

Tak hanya jambu biji, bayam dipercaya menjadi sayuran yang bisa menjadi cara menaikkan trombosit dengan cepat. Rebus 5 daun bayam bersama 2 gelas air, didihkan hingga tersisa 1 gelas. Minumlah setiap hari sebagai cara menaikkan trombosit dengan cepat.

Biji-bijian

Cara menaikkan trombosit dengan cepat bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi biji-bijian. Biji-bijian mengandung vitamin B9 yang dapat menaikkan trombosit dalam darah. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, walnut, pistachio mengandung vitamin D, K dan fibrinogen. Kandungan tersebut membantu penyerapan kalsium sehingga bisa diterapkan menjadi cara menaikkan trombosit dengan cepat.

Cara Menaikkan Trombosit secara Alami

Penurunan jumlah trombosit ditandai dengan purpura atau memar di kulit, munculnya ruam kemerahan atau keunguan, pendarahan gusi, tubuh terasa lelah, mimisan, pendarahan rektum dan luka sulit sembuh. Berikut kami akan membagikan informasi cara menaikkan trombosit secara alami untuk kamu.

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12

Salah satu cara menaikkan trombosit secara alami yakni dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dan asam folat. Kandungan tersebut bisa kamu temukan pada bayam, jeruk, kacang, teur, susu, keju, hati ayam, daging kambing dan sebagainya.

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjadi cara menaikkan trombosit secara alami. Asam lemak omega-3 bisa kamu jumpai pada telur omega-3, beberapa jenis ikan, minyak ikan, dan minyak biji rami.

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C

Makanan yang mengandung vitamin c seperti jeruk bisa kamu gunakan menjadi cara menaikkan trombosit secara alami. Kandungan vitamin C akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan ampuh dalam menaikkan trombosit.

Perbanyak minum air mineral

Air turut berguna dalam pembentukan sel darah. Dengan banyak mengonsumsi air, sel darah akan semakin banyak terbentuk dan cukup ampuh sebagai cara menaikkan trombosit secara alami.

 

Nah, begitu banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk menaikkan trombosit darah. Selamat mencoba !

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

What's On Fimela
Loading