Sukses

Lifestyle

Tema Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan di Indonesia

ringkasan

  • 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan di Indonesia Bertema #GerakBersama "Rangkul Sekitarmu, Temani Aku"
  • Kampanye Tersebut Hasil Kolaborasi Komnas Perempuan dan Koalisi Ruang Publik Aman (KRPA)

Fimela.com, Jakarta 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan atau 16HAKTP diperingati sejak tanggal 25 November sampai 10 Desember tiap tahunnya. Tema 16 Days of Activism Against Gender Violence adalah "Orange the World: Generation Equality Stands against Rape".

Warna orange dipilih sebagai simbol masa depan yang lebih cerah dan bebas dari kekerasan. Selain itu juga berfungsi sebagai sarana untuk menunjukkan solidaritas dalam penghapusan semua bentuk kekerasan pada perempuan melansir dari unesco.org.

Tak mau ketinggalan dengan kampanye global 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan, Komnas Perempuan juga gencar dengan gerakan #GerakBersama sejak tiga tahun belakangan untuk penghapusan kekerasan seksual. Tahun ini, Koalisi Ruang Publik Aman (KRPA) bersama jaringan #GerakBersama mengangkat tema "Rangkul Sekitarmu, Temani AKu".

"Dengan tema Rangkul Sekitarmu, Temani Aku KRPA mengajak seluruh elemen masyarakat agar lebih mengenali, peduli, dan berpihak kepada korban dan penyintas pelecehan," ujar Tim Riset KRPA sekaligus perwakilan Lentera Sintas Rastra di Komnas Perempuan, Rabu (27/11).

 

 

Kado dari Relawan di 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan

KRPA merupakan gabungan dari enam organisasi organik gabungan dari DearCatcallers Indonesia, Hollaback! Jakarta, Jakarta Feminist, pereEMPUan, Yayasan Kalyana Mitra, dan Yayasan Lentera Sintas Indonesia. Kumpulan masyarakat sipil yang bergerak untuk mewujudkan ruang publik yang aman bagi perempuan juga memperkenalkan 30 relawan KRPA pada publik.

Mereka telah mengikuti pelatihan untuk mengintervensi segala bentuk pelecehan yang terjadi di segala moda transportasi umum baik konvensional atau berbasis aplikasi. Nantinya mereka akan dikenali dengan item pin putih yang tersemat di dada.

 

 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

#GrowFearless with FIMELA 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Menciptakan Kampus yang Bebas dari Kekerasan Seksual