Sukses

Lifestyle

5 Tips Agar Ikan Patin Tidak Hancur Saat Dimasak

ringkasan

  • Jangan dipotong terlalu kecil
  • Jangan dimasak terlalu lama
  • Jangan dibolak-balik saat menggoreng

Fimela.com, Jakarta Masak ikan patin terkadang perlu tips dan trik khusus, jika tidak dimasak dengan benar, bisa jadi ikan patin akan hancur dan malah tidak enak dimakan. Nah, agar ikan patin tidak hancur saat dimasak, ini dia cara yang bisa dilakukan.

1. Digoreng dulu

Ikan patin akan lebih 'kokoh' jika dimasak dengan cara digoreng dulu. Bukan hanya mampu membuat ikan patin tidak mudah hancur, menggoreng lebih dulu juga akan menghilangkan bau amisnya.

2. Pilih yang segar

Hanya pilih ikan patin yang segar, jika tampak dagingnya tidak padat, berair atau mudah hancur saat mentah, lebih baik jangan dibeli. Ikan patin yang segar dagingnya tidak akan mudah hancur saat diolah.

3. Jangan dipotong terlalu kecil

Saat memasaknya, jika tak ingin dimasak utuh, jangan memotongnya terlalu kecil. Ikan akan mudah rapuh dan hancur jika dimasak karena potongannya terlalu kecil.

4. Jangan dimasak terlalu lama

Begitu pula ketika memasak, karena patin bukan jenis ikan yang susah dimasak, akan lebih baik jika tidak memasaknya terlalu lama. Bahkan jika dipotong dengan potongan besar, ikan akan mudah hancur.

5. Jangan dibolak-balik saat menggoreng

Cukup balik sekali ketika menggoreng ikan patin karena seperti ikan lele, patin akan mudah lengket di penggorengan dan hanya akan hancur jika tidak digoreng hingga permukaannya kering. Gunakan api sedang, api besar akan membuat kematangan ikan patin tidak merata.

Itu dia sekian cara mengolah ikan patin agar dagingnya tiak hancur saat dimasak.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading