Sukses

Lifestyle

Ulasan Buku Mommyclopedia, 567 Fakta tentang MPASI

Fimela.com, Jakarta Judul: Mommyclopedia, 567 Fakta tentang MPASI

Penulis: dr. Meta Hanindita, Sp.A.(K)

Desain sampul: Nugrahardi Ramadhani

Desain isi: Nur Wulan Dari

Cetakan keempat: September 2019

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Nutrisi memegang peran yang sangat penting dalam periode 1000 hari pertama kehidupan anak. Pemberian nutrisi melalui MPASI yang tepat dan cukup akan menjamin kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan anak sesuai dengan potensi mereka.

Buku ini merangkum sejumlah fakta mengenai MPASI berdasarkan bukti ilmiah. Ditulis dengan cara point-to point dan bahasa sederhana, buku ini akan menjadi panduan yang ringkas, padat, dan mudah dimengerti para orangtua.

Bahasan di dalamnya mencakup:

• Praktik pemberian MPASI yang benar

• Pertumbuhan anak

• Masalah makan pada anak

• Mitos seputar MPASI

***

Pada usia berapa bayi perlu diberi makanan pendamping ASI (MPASI)? Seberapa penting peran MPASI pada tumbuh kembang anak? Apa yang terjadi bila kita salah langkah dalam pemberian MPASI? Perlu kita tahu bahwa seribu hari pertama kehidupan sejak janin masih berada dalam kandungan hingga anak berusia dua tahun adalah periode penting dalam menentukan kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan saraf optimal. Buku Mommyclopedia, 567 Fakta tentang MPASI ini hadir untuk memberi sejumlah informasi penting tentang MPASI dalam perannya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak pada periode emasnya.

Pertumbuhan otak paling cepat terjadi pada dua tahun pertama kehidupan. Seperti yang dipaparkan di buku ini, periode tersebut ditandai oleh cepatnya proses penambahan jumlah sel otak dan pembentukan sinaps otak. Bila dalam periode tersebut, bayi kekurangan nutrisi maka dampaknya bisa menghambat perkembangan mental dan pertumbuhan fisik. Bahkan bisa menyebabkan stunting yang membuat kinerja intelektual anak terganggu dan kapasitasnya untuk melakukan pekerjaan fisik berkurang.

 

Bisa Menjadi Panduan Awal dalam Pemberian MPASI

Melalui buku ini, kita akan memahami sejumlah poin penting terkait MPASI, waktu yang tepat pemberian MPASI, mekanisme pemberian MPASI yang baik, sejumlah tips sumber makanan yang bisa dipilih untuk MPASI, hingga info tentang permasalahan yang berkaitan dengan MPASI. Saat ini banyak info yang beredar mengenai MPASI, hanya saja kita perlu memastikan info yang kita dapatkan berdasarkan sumber terpercaya. Buku Mommyclopedia, 567 Fakta tentang MPASI ini ditulis oleh dokter spesialis anak yang juga menjadi konselor laktasi. Sehingga info-info yang dipaparkan dapat menjadi referensi yang bisa dipercaya sebagai panduan dalam pemberian MPASI.

Bagi yang masih sering bingung tentang pemberian ASI yang tepat, buku ini dapat menjadi panduan awal. Ditulis dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami, buku ini dapat menjadi referensi bermanfaat dalam upaya mengoptimalkan tumbuh kembang anak di seribu pertama kehidupannya. Pemilihan jenis makanan hingga berbagai mitos yang perlu diluruskan terkait MPASI terangkum pula di buku ini.

Mommyclopedia, 567 Fakta tentang MPASI, seperti judulnya memuat 567 poin penting tentang MPASI dan kaitannya dengan tumbuh kembang bayi. Ternyata ada banyak manfaat dan informasi yang sangat penting tentang MPASI. Bahkan periode pemberian MPASI ini sudah semestinya tidak dianggap remeh demi kebaikan anak hingga dewasa nanti.

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading