Sukses

Lifestyle

Bone Broth, Minuman Tradisional dengan Segala Manfaat

Fimela.com, Jakarta Berbicara mengenai minuman tradisional yang kaya khasiat kesehatan, bone broth mungkin salah satu nama minuman yang belum pernah kamu dengar. Namun, di Eropa dan Amerika Serikat, minuman ini kerap kali dibicarakan. Kabarnya, minuman hangat yang biasanya disajikan dalam cangkir memiliki banyak khasiat untuk kesehatan

Namun, sebelum membahas khasiatnya untuk tubuh, kamu harus tahu dulu apa itu bone broth. Sara Haas, R.D.N., seorang ahli diet, chef, sekaligus juru bicara dari Academy of Nutrition Dietetics mengatakan kepada Shape.com kalau bone broth sebenarnya sudah ada sejak beberapa abad lalu. 

"Dokter-dokter dari kedokteran Cina telah mengubahnya menjadi obat penguat ginjal dan memelihara kesehatan sistem pencernaan. Orang-orang Inggris pun mengonsumsi minuman serupa sejak era Victoria," jelasnya. 

Sup Kaldu

Namun sebenarnya, bone broth ini pernah kamu konsumsi. Cuma, biasanya kamu konsumsi bersama nasi dan emping, dan sayuran lainnya. Ya, bone broth adalah kaldu yang dibuat dari tulang dan daging sapi. 

Namun, kaldu yang biasanya dibuat di Cina dan Inggris ini berbeda dengan kaldu biasa. Karena, kaldu ini dibuat dengan merebus tulang lebih lama dari membuat kaldu biasa. Shape.com menulis, biasanya tulang direbut selama lebih dari 24 jam bersama sedikit daging yang awalnya sudah di panggang. Bisa juga diganti dengan daging ikan, lho. 

Manfaat Bone Broth

Waktu yang begitu lama untuk merebus tulang tersebut ternyata memiliki tujuan penting. Yaitu untuk mengeluarkan semua nutrisi yang terkandung dalam tulang dan daging. Untuk mengeluarkannya dan melarutkan ke dalam rebusan, membutuhkan waktu yang cukup lama, kira-kira 24 jam atau bahkan lebih. 

Manfaanya ada banyak. Shape.com menulis, kaldu ajaib ini bisa menjaga kesehatan dan fungsi sendi-sendi, untuk kulit yang cerah dan sehat karena kaya akan kolagen, membantumu tidur dengan nyenyak, dan memelihara kesehatan pencernaan. 

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading