Sukses

Lifestyle

Tips Menyimpan Sambal Agar Tahan Lebih Lama

Fimela.com, Jakarta Sambal menjadi salah satu makanan yang digemari oleh hampir semua orang. Apapun makanannya, rasanya belum lengkap jika belum ada sambal sebagai pendampingnya. Di Indonesia ada banyak jenis sambal yang bisa memanjakan lidah, Mulai dari sambal bawang, sambal ijo, sambal terasi, sambal kemangi, sambal tomat dan masih banyak lagi.

Bicara mengenai sambal, agar kita bisa menyantap sambal setiap harinya, kita perlu membuat sambal dalam jumlah banyak dan menyimpannya. Namun ingat, menyimpan sambal harus dilakukan dengan cara tepat agar sambal tidak basi, tidak berubah jadi asam juga berjamur.

Bagaimana menyimpan sambal dengan cara yang tepat? Simak yang berikut ini.

Tips Menyimpan Sambal

  1. Saat hendak membuat sambal, usahakan untuk menggunakan bahan-bahan yang masih segar. Pastikan untuk menggunakan cabai, bawang merah, bawang putih dan tomat yang masih segar dan tidak ada yang busuk.
  2. Pastikan alat untuk menghaluskan sambal benar-benar bersih dan kering. Alat itu bisa berupa ulekan konvensional atau blender. Alat membuat sambal yang kotor dan berair bisa membuat sambal cepat busuk.
  3. Sebelum sambal dihaluskan, kukus atau goreng bahan untuk membuat sambal. Pastikan agar bahan-bahan tersebut benar-benar matang setelah dikukus atau digoreng.Haluskan sambal sesuai selera, bisa agak kasar atau benar-benar halus.
  4. Sambal yang sudah dihaluskan, masak dengan cara ditumis dengan sedikit minyak hingga mendidih pakai api kecil. Memanaskan sambal ini akan membuat sambal lebih tahan lama.
  5. Simpan sambal di dalam jar, plastik atau toples kedap udara. Usahakan untuk memasukkan sambal ke jar saat sambal sudah dingin. Memasukkan sambal ke dalam jar saat masih panas akan membuatnya cepat busuk.
  6. Simpan sambal di suhu ruangan atau di lemari es sesuai kebutuhan. Sambal yang disimpan di suhu ruangan bisa bertahan hingga 2 sampai 3 hari. Sedangkan sambal yang disimpan di lemari es bisa bertahan hingga 1 minggu.
  7. Saat mengambil sambal dari tempatnya disimpan, usahakan sendok untuk mengambil sambal kering dan bersih. Dirimu bisa memakai sendok khusus untuk mengambil sambal.

Tips menyimpan sambal yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba tips dapur ini dan semoga bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

PLAYLIST VIDEO 30 JULI 2021
Loading