Sukses

Lifestyle

Mengenal Perbedaan Masakan Oseng dan Tumis

Fimela.com, Jakarta Masakan oseng dan tumis menjadi salah satu masakan andalan hampir semua orang. Selain sangat mudah untuk dibuat, masakan ini juga memiliki cita rasa yang begitu menggugah selera. Masakan oseng dan tumis juga menggunakan sedikit minyak sehingga dipercaya lebih sehat jika dibandingkan dengan masakan goreng dan masakan bersantan.

Bicara mengenai masakan oseng dan tumis, perlu kita tahu bahwa kedua masakan ini ternyata memiliki perbedaan lho. Meski terlihat nyaris sama antara satu dan lainnya, keduanya adalah masakan berbeda.

Jadi, apa sebenarnya perbedaan oseng dan tumis? Simak penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan Masakan Oseng dan Tumis

Masakan Oseng

Masakan oseng merupakan masakan khas Indonesia. Untuk penggunaan bumbu, masakan oseng menggunakan beragam bumbu serta rempah mulai dari bawang putih, bawang merah, cabai, lada, lengkuas, jahe, dan masih banyak lagi. Bahan makanan yang bisa dimasak oseng ada beraneka ragam yang kaya protein mulai dari tempe, tahu, ikan dan daging.

Masakan oseng menggunakan minyak lebih sedikit dari masakan tumis karena bahan makanan kaya protein masakan oseng umumnya telah mengandung minyak alami. Mengenai rasa, masakan oseng memiliki rasa asin cenderung pedas. Penggunaan rempah di masakan oseng membuat masakan oseng memiliki cita rasa yang lebih khas dan unik.

Masakan Tumis

Untuk masakan tumis, ini merupakan masakan perpaduan antara masakan oseng khas Indonesia dan masakan cah khas Oriental. Masakan tumis biasanya menggunakan bumbu sederhana berupa bawang merah, bawang putih, cabai yang diiris halus dan ditambah garam, gula, penyedap masakan, kecap asin, saus tiram dan sejenisnya.

Bahan makanan yang bisa diolah menjadi masakan tumis ada beragam mulai dari berbagai jenis sayur, daging, ikan, seafood atau campuran sayur dan ikan serta daging. Rasa masakan tumis cenderung lebih gurih manis. Saat proses pemasakan, selain menggunakan minyak, tidak sedikit masakan tumis yang ditambahkan air di dalamnya agar bahan masakan matang dengan sempurna.

Itulah perbedaan masakan oseng dan masakan tumis. Dari kedua masakan ini, mana yang menjadi favoritmu Sahabat Fimela. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading