Sukses

Lifestyle

Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Fimela.com, Jakarta Memasuki penghujung tahun, sejumlah kota di Indonesia mulai turun hujan. Di musim ini bukan hanya payung atau jas hujan saja yang perlu dipersiapkan, melainkan tubuh harus tetap sehat.

Pasalnya, saat musim hujan tubuh rentan terserang penyakit. Dr. Sumiati Yusup, Kepala Klinik Pratama Permata Bunda, Bekasi Timur mengatakan pasa seminggu terakhir bulan Desember ia menerima pasien dengan keluhan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

"Penyakit langganan lainnya saat musim hujan ialah diare, penyakit kulit, hingga tuberculosis atau TB. Cacar air, kulit gatal-gatal juga menjadi penyakit yang sering terjadi," ujarnya saat ditemui di Jakarta.

Agar tidak terserang penyakit musim hujan tersebut, dr Sumiati menyarankan untuk menerapkan pola makan yang sehat. Pertama untuk tidak sarapan dengan konsumsi karbo dan bisa digantikan oleh buah dan sayuran.

"Jadi makan karbonnya siang saja. Biasanya saya campur salad buah potong. Karena saat makan buah siangnya masih kenyang, jadi karbonya makan sedikit. Untuk malam, tetap makan karbo sedikit dan buah," tambahnya.

Makanan lainnya

Untuk menghangatkan badan bisa makan sup. Dan hindari minum kopi. "Untuk stamina kuat ada baiknya minum wedang bukan kopi," ungkapnya.

Dan jangan lupa untuk mengonsumis vitamin. Untuk menambah daya tahan tubuh di musim hujan, apalagi bagi sahabat Fimela yang merasa kurang nutrisi.

"Vitamin sesuai kondisi kita. Kalau kebanyakan juga tidak baik untuk ginjal," tutupnya.

#Growfearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading