Sukses

Lifestyle

3 Fakta tentang Badai Topan Phanfone yang Menelan Puluhan Koban Jiwa di Filipina

 

Fimela.com, Jakarta Badai Topan Phanfone melanda wilayah Filipina dan membuat jutaan warga di negara mayoritas beragama Katolik tersebut melanda kesedihan. Phanfone melanda tepat pada Hari Natal 2019, Rabu (25/12/2019). Saat itu, CNN melaporkan, mayoritas masyarakat di Filipina sedang mempersiapkan acara Natal bersama keluarga masing-masing. 

Pada Kamis, Dewan Pengurangan Risiko Bencana dan Manajemen Regional Filipina melaporkan badai tersebut telah menelan 13 korban jiwa di Wilayah Visayas Barat dan 3 korban jiwa di Visayas Timur. Salah satu korban jiwa berusia 70 tahun, Calros Yu Beltran, tenggelam ketika rumahnya tersapi badai di Balangkayan, Pulau Samar. 

Philippine Information Agency (PIA) juga melaporkan, 5 nelayan dari pulau tersebut masih belum bisa ditemukan. Pihaknya berharap kelima nelayan tersebut selamat. 

"Mari berharap dan berdoa untuk keselamatan mereka," ucap Gubernur Pulau Samar, Ben Evardone kepada CNN. 

Badai Topan Phanfone nampaknya bukan badai biasa. Badai ini telah menerpa lebih dari 2.000 warga. Dilansir dari berbagai sumber, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan topan di Filipina keberadaannya kian dekat dengan perbatasan wilayah utara Indonesia. Badai ini masih akan berlangsung hinga 4 hari ke depan. Berikut beberapa fakta mengenai Badai Topan Phanfone.

Dikenal dengan Badai Ursula

Badai Topan Phanfone, tulis CNN, juga dikeal dengan nama lain, Ursula. Awalnya, badai tersebut melanda Provinsi Samar Timur dan mengakibatkan hujan lebat beserta badai. 

Angin Besar

Badai ini termasuk dalam katergori Badai 1, yang disertai dengan angin berkecepatan 150 km/jam dengan kekuatan angin 195 km/jam. 

Pengaruhi Indonesia

Antara News melaporkan, BMKG menyebut hujan ekstrem yang melanda Kota Palembang pada Kamis (26/12/2019) kemarin juga diepangruhi Badai Topan Phanfone yang pada saat itu berada di Laut Cina Selatan. 

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading