Sukses

Lifestyle

Rahasia Kegunaan Soda Kue yang Bisa Diterapkan di Rumah

Fimela.com, Jakarta Soda kue sebenarnya adalah hal yang sangat luar biasa. Tentu, kamu bahkan tidak menyadari bahwa bahan dasar yang biasa digunakan untuk membuat kue ini ternyata punya segudang manfaat untuk rumahmu. Mungkin kamu pernah menyimpan barang ini di lemari es karena soda kue baik untuk menyerap bau makanan seperti ikan sisa dari makan malam.

Ternyata manfaatnya tidak hanya itu lho. Tahukah kamu bahwa satu kotak tambahan soda kue dapat membantu menjaga aroma dari bumbu berbeda di dalam rak bumbu agar tidak saling mencemari? Ini patut untuk diketahui, terutama jika kamu memiliki kebiasaan meletakkan gula kayu manis tepat di sebelah garam dan bawang putih.

Menyerap bau yang tidak diinginkan bukan satu-satunya rahasia yang dimiliki soda kue. Siapa sangka, ini juga dapat bermanfaat untuk kecantikanmu dan juga dapat digunakan untuk membersihkan, menyegarkan, memotong lemak, dan menghilangkan noda. Soda kue benar-benar pembantu rumah tangga yang berguna. Dilansir dari thelist.com, berikut beberapa manfaat soda kue yang bisa kamu terapkan di rumah.

Pembersih Oven

Soda kue atau baking soda dapat digunakan sebagai pembersih oven alami dan tidak beracun. Metode yang disarankan untuk membersihkan oven kamu dengan baking soda adalah mencampur 3/4 cangkir soda kue dengan 1/4 cangkir air hangat, kamu bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial agar oven lebih harum jika sebelumnya kamu habis memanggang ikan agar tidak menimbulkan bau amis.

Lepaskan rak oven, biarkan meresap dalam cairan pencuci piring dan kemudian isi semua bukaan oven dengan foil sehingga kamu tidak mendapatkan tetesan berantakan di lantai dapur. Gunakan kuas untuk mengoleskan pasta bubuk soda kue. Kamu bisa gunakan sikat gigi untuk sudut yang sempit, jika perlu. Kemudian tutup oven dan biarkan pasta soda kue bekerja semalaman.

Di pagi hari, kamu bisa membersihkan residunya dengan kain lembab. Bersihkan pintu oven dengan cuka bagian yang sama dan air diaplikasikan dengan kain lembut (cobalah untuk tidak membuat gasket basah), kemudian peras, bilas, dan ganti raknya dan ovenmu akan bersih terlihat seperti oven baru.

Penghilang Bau pada Karpet

Apakah tamu di rumahmu mengerutkan hidung mereka setelah mereka masuk? Mungkin pelakunya adalah karpet kamu. Karpet tidak hanya diinjakkan kaki kita sepanjang hari tetapi mereka juga menyerap bau dari rokok, binatang peliharaan, popcorn yang terbakar, dan sebagainya.

Pada dasarnya, karpet cenderung untuk menahan aroma apa pun yang menusuk rumahmu. Meskipun sangat penting untuk sering menyedot karpet, itu tidak dapat memastikan karpetmu wangi. Soda kue adalah penyegar karpet yang murah dan mudah digunakan yang partikel-partikel kecilnya dapat menembus jauh ke dalam tumpukan yang paling mewah.

Untuk menghilangkan bau karpet, kamu disarankan untuk untuk menyedot debu karpet terlebih dahulu. Selanjutnya, taburkan seluruh karpet dengan soda kue. Biarkan soda kue selama beberapa jam, lalu bersihkan. Kamu bisa mengaplikasikan soda kue ini dua kali untuk menghilangkan bau pada karpet yang kamu punya.

Mengatasi Saluran Tersumbat

Soda kue adalah senyawa alkali yang cocok untuk melarutkan bahan organik seperti lemak dan minyak. Menurut The Spruce, penyebab paling umum, yakni dari wastafel dapur yang tersumbat. Pembersih kimia yang tersedia secara komersial bisa berbahaya bagi kesehatan dan pipa saluran air tetapi dengan menggunakan soda kue tentu tidak berbahaya.

Dalam satu metode pembersihan saluran, soda kue digunakan bersama dengan air mendidih, sabun cuci piring, dan cuka putih suling. Pertama, rebus ketel air, kemudian semprotkan sedikit sabun cuci piring ke saluran pembuangan yang tersumbat, diikuti dengan air yang baru saja direbus. Soda kue datang berikutnya. Satu cangkir ini, dikejar oleh secangkir cuka. Tunggu lima menit dan kemudian bilas saluran air dengan dua gelas air mendidih lagi.

Kamu juga bisa menambahkan garam dengan cara menambahkan secangkir soda kue ke saluran pembuangan kamu, lalu ikuti dengan setengah cangkir garam. Biarkan bahan-bahan ini semalaman, lalu siram dengan dua gelas air mendidih di pagi hari.

Pembersih Noda Pakaian

Punya noda dari jenis organik atau bahkan biologis? Soda kue bisa membantu. Jika noda basah, taburkan soda kue langsung dari kotaknya untuk membantu menyerap kelembapan dan bau. Jika noda kamu sudah kering, basahi dan oleskan pasta soda kue yang dicampur dengan sedikit air. Pasta soda kue ini harus dioleskan satu jam atau lebih sebelum dicuci. Dengan ini dapat membantu meringankan atau mengangkat noda dari darah, keringat, dan bahkan muntah.

Soda kue juga bisa membantu menghilangkan noda dari jus buah dan anggur. Meskipun yang terbaik adalah mengobati noda-noda tersebut saat masih segar, soda kue dapat membantu mengatasi noda-noda darurat. Cukup taburkan pada bagian yang baru ternodai dan kemudian siram noda dari belakang dengan air panas. Ini akan membilas soda kue yang sekarang sudah kering dan akan menghilangkan banyak noda.

Itulah beberapa manfaat soda kue yang bisa kamu terapkan di rumah. Semoga bermanfaat ya, Sahabat Fimela.

Penulis : Rafinda Eki Puspitasari

#Growfearless with FIMELA

What's On Fimela
Loading

Live Streaming

Powered by