Sukses

Lifestyle

Makanan untuk Mengatasi Sembelit Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Sembelit atau susah buang air besar merupakan kondisi yang sangat mengganggu. Sulit untuk buang air besar membuat perutmu merasa tidak nyaman. Terlebih jika saat bekerja dikantor, kondisi duduk yang lama juga mungkin dapat mempengaruhi.

Jika sudah sangat parah, mungkin Sahabat Fimela yang mengalami susah buang air besar akan mengonsumsi obat untuk melancarkannya. Perlu diketahu, bahwa banyak jenis makanan yang dapat membantu melancarkan buang air besar. Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu mengatasi sembelit.

Yoghurt

Kandungan prebiotik pada yoghurt dapat membantu melancarkan buang air besar. Bakteri baik pada yoghurt akan membersihkan bakteri yang menempel pada usus. Yoghurt juga dipercaya dapat menjaga daya tahan tubuh seseorang. Jika mengalami sembelit ada baiknya untuk mengonsumsi yoghurt.

Air Kelapa

Air kelapa yang dipercaya memiliki banyak manfaat ini dapat membantu melancarkan buang air besar. Kandungan elektrolit pada air kelapa dapat membantu memperlancar sembelit yang dialami oleh Sahabat Fimela.

Buah-buahan

Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah yang mengandung tinggi serat dan air. Buah yang mengandung serat dan air dapat malancarkan pergerakan usus. Buah-buahan tersebut diantaranya buah apel, kiwi, pir dan masih banyak lagi. Buah dapat dikonsumsi saat menjelang tidur, dapat dipastikan buang air besar akan lebih lancar saat di pagi hari.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau biasanya memiliki banyak kandungan serat dan rendah kalori. Salah satunya adalah brokoli, mengonsumsi brokoli dalam keadaan mentah sebenarnya akan lebih banyak mendapatkan serat daripada memasaknya terlebih dahulu. Selain untuk menu program diet brokoli juga dapat membantu melancarkan buang air besar pada seseorang. Namun tetap penuhi asupan makan lainnya.

Oatmeal

Makanan yang kaya akan serat ini dapat membantu melancarkan buang air besar. Kekurangan serat dapat membuat seseorang mengalami buang air besar. Bisa juga mengganti menu sarapan dengan menggunakan oatmeal dan roti gandum, yang dapat ditambahkan buah-buahan di dalamnya.

Kacang-Kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan dapat membantu memperlancar buang air besar. Kandungan serat di dalam kacang-kacangan dapat membantu gerakan usus menajdi lancar. Kacang tanah dapat dipilih dan dikonsumsi untuk membantu mengatasi sembelit.

Beberapa makanan diatas dapat membantu Sahabat Fimela yang mengalami sembelit. Tentunya konsumsi sewajarnya saja, jangan terlalu berlebih. Tetap jaga kesehatan, supaya tidak membantu aktivitasmu.

#Changemaker

What's On Fimela
Loading