Sukses

Lifestyle

Target 20.000 Poster Tinggi Badan Disebar Percepat Cegah Stunting

Fimela.com, Jakarta Tahukah kamu hingga saat ini sebanyak 9 juta anak di Indonesia menderita stunting? angka tersebut nyatanya lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara berkembang dengan tingkat kesejahteraan hidup yang rendah seperti Sudan Selatan, Comoros, dan Liberia.

Di Indonesia sendiri, angka stunting tertinggi ada di Indonesia bagian Timur. Kondisi ini mendorong sebuah organisasi 1000 Days Fund yang melakukan inisiatif mendistribusikan poster tinggi badan dengan tujuan untuk mencegah stunting.

 

Selama tahun 2019, 1000 Days Fund mendistribusikan 12.000 poster tinggi badan ke 22 pulau di Indonesia. Sebanyak 12.000 keluarga yang memiliki anak dengan usia di bawah dua tahun telah memasang poster tinggi badan lengkap dengan informasi yang bermanfaat dan mudah diikuti oleh para orangtua dan pengasuh untuk lebih memahami perilaku dan pola asuh yang optimal dalam 1000 hari pertama kehidupan anak yang dimulai sejak dalam kandungan.

"Banyak kita dengar, stunting itu kerdil. tapi stunting sendiri adalah sebuah kondisi gagal tumbuh yang disebabkan oleh faktor lingkungan. Sedangkan kerdil merupakan kondisi yang dipengaruhi oleh faktor genetik," Jelas Valarie Krisni, Outreach Coordinator dari 1000 Days Fund.

 

Faktor Utama Stunting adalah Lingkungan

Permasalahan stunting sendiri membutuhkan upaya penanggulangan efektif dari berbagai stakeholder. Bukan hanya pemerintah, atau tenaga kesehatan saja melainkan juga masyarakat.

Tapi seperti yang dikatakan oleh Valerie Krisni, faktor utama stunting ada pada faktor lingkungan, namun bukan berarti kekhawatiran akan hal itu tidak bisa diatasi. Kita bisa memulainya dengan perilaku-perilaku sederhana untuk mencegah stunting demi mewujudkan kondisi lingkungan yang lebih baik dan ramah anak.

Perilaku sederhana itu dibuktikan oleh 1000 Days Fund yang melakukan pendekatan dengan mendistribusikan 12.000 poster tinggi badan. Terinspirasi dari penelitian yang didanai Gates Foundation di Zambia yang menemukan bahwa poster tinggi badan dapat menurunkan angka stunting sebanyak 22% di antara anak-anak yang sudah terkena stunting.

Kabar baiknya, poster tinggi badan dari 1000 Days Fund mampu membantu orang tua dan pengasuh memvisualisasikan pertumbuhan anak, status pertumbuhan anak, dan target tinggi badan anak untuk usianya.

Dalam memperkuat komitmennya, 1000 Days Fund terus melakukan berbagai intervensi dan upaya-upaya pencegahan stunting, seperti pencapaian 1000 Days Fund sendiri di tahun 2020 ini adalah dapat mendistribusikan 20.000 poster tinggi badan dan melatih 1.000 kader Posyandu.

(Iffah Nurahmah)

#Changemaker 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading