Sukses

Lifestyle

5 Tips Berkomunikasi dengan Pasangan Ekstrover

Fimela.com, Jakarta Perbedaan dalam sebuah hubungan bisa diatasi dengan komunikasi yang baik. Termasuk perbedaan temperamen, misalnya kita lebih condong bertemperamen introver sementara pasangan kita bertemperamen ekstrover. Memiliki pasangan ekstrover memang menyenangkan, tapi ada beberapa tips yang lebih efektif yang bisa dicoba untuk membangun komunikasi yang lebih baik dengannya.

Dalam buku The Introvert Advantage karya Marti Olsen Laney, Psy.D., kaum ekstrover cenderung untuk mengutarakan apa yang mereka sedang pikirkan, berinteraksi dengan orang lain, dan dengan itu mencapai kesimpulan sendiri. Selain itu, seorang ekstrover seringkali tidak memberi kesempatan bagi orang lain untuk berbicara. Berikut ini lima tips yang bisa dicoba untuk membangun komunikasi yang lebih baik dengan pasangan ekstrover.

1. Bicara dengan Kalimat Pendek dan Jelas

Berlatihlah untuk berbicara dengan kalimat yang pendek dan jelas. Dengan begitu, kita bisa mempermudah pasangan untuk mendengarkan apa yang ingin kita utarakan. Untuk bicara yang lebih leluasa, coba atur waktu yang tepat dan nyaman untuk bicara empat mata.

2. Berbicara dengan Nada yang Tinggi Kadang Diperlukan

Pada saat-saat tertentu, kita akan merasa terlalu banyak mendapat stimulus. Namun, pasangan kita yang ekstrover kadang tidak akan percaya begitu saja pada perkataan kita. Untuk itu, sesekali kita perlu mengungkapkan atau mengatakan sesuatu dengan nada tinggi demi komunikasi yang lebih efektif.

3. Berlatih Mengutarakan yang Ada di Pikiran

Ada saatnya kita perlu lebih jujur dan terbuka dalam mengutarakan sesuatu yang ada di dalam benak atau pikiran kita. Walau mungkin kita akan kesulitan dalam mengikuti laju pasangan kita yang ekstrover dalam berkomunikasi, kita masih bisa berhenti sejenak atau sesekali mengambil jeda untuk mengatur ritme dalam percakapan.

4. Utarakan Perasaanmu

Tak perlu ragu untuk mengutarakan perasaan. Sampaikan apa yang memang ingin disampaikan secara langsuang pada pasangan. Jika masih kesulitan mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu, coba tuliskan di atas kertas dan berikan kertas itu pada pasanganmu.

5. Tak Perlu Merasa Rendah Diri

Perbedaan yang ada dalam sebuah hubungan memberi warna tersendiri dalam hidupmu. Tak perlu merasa rendah diri ketika berkomunikasi dengan pasanganmu yang seorang ekstrover. Untuk bisa berjalan bersama sebagai pasangan, komunikasi perlu tetap dilakukan dengan nyaman satu sama lain.

Semoga hubunganmu dengan pasanganmu saat ini bisa terus langgeng, ya. Semoga setiap masalah yang muncul dapat diatasi bersama.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading