Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Tumis Kikil yang Tidak Amis

Fimela.com, Jakarta Kikil punya tekstur kenyal yang khas. Diolah jadi tumisan pun makin sedap. Hanya saja kalau proses pengolahannya kurang tepat, hasilnya tumis kikil jadi amis.

Agar tumis kikil tidak amis, proses penyiapan kikil sebelum dibumbui perlu diperhatikan. Tidak terlalu sulit kok caranya. Selengkapnya langsung saja simak di sini.

Kikil Direbus dengan Jahe

Kikil yang sudah dicuci bersih, bisa langsung direbus dengan jahe. Jahe dapat berfungsi sebagai penawar dan menghilangkan aroma amisnya. Rebus selama kurang lebih 20 menit sampai empuk. Setelah itu, kikil bisa dipotong-potong sesuai selera.

Bumbu Ditumis Sampai Harum

Kita bisa menggunakan bumbu yang terdiri dari bahan-bahan yang diiris, seperti cabai hijau, cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. Tambahkan daun salam dan daun jeruk yang disobek-sobek untuk menambah aroma masakan jadi lebih harum. Tambahkan juga irisan jahe. Tumis bumbu sampai harum, lalu masukkan kikil.

Tambahkan Air

Tambahkan sedikit air. Masak hingga air surut dan bumbu meresap. Tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa bila kurang. Koreksi rasa. Angkat dan sajikan.

Kikil bisa kita rebus terlebih dahulu dengan jahe untuk menghilangkan bau amisnya. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading