Sukses

Lifestyle

Anjuran Penggunaan Alkohol, Ultraviolet, dan Hand Dryer dari WHO untuk Menangkal Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Kasus pandemi virus Corona telah menjadi masalah dunia, WHO telah menyarankan agar seluruh masyarakat dunia kompak untuk memutus rantai penyebaran virus ini dengan beberapa langkah, salah satunya mengisolasi diri di rumah masing-masing. Tidak hanya itu, semua orang berusaha melakukan segala hal agar diri mereka tidak terinfeksi virus baru ini, seperti menggunakan alkohol dan ultraviolet.

Pertanyaannya adalah apakah penggunaan alkohol, ultraviolet, dan hand dryer yang seringkali dirasa dapat membunuh virus Corona ini benar-benar bermanfaat? Kita simak penjelasan dari WHO melalui grafis yang dipublikasikan lewat akun Instagram resmi mereka.

1. Alkohol

Banyak orang beramai-ramai menyemprotkan cairan alkohol atau klorin ke seluruh permukaan benda yang sering disentuh, bahkan ke seluruh tubuh mereka sendiri, apakah kamu juga merupakan salah satunya? Menurut WHO, menyemprotkan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh tidak akan membunuh virus Corona yang sebenarnya sudah masuk ke dalam tubuh.

Menyemprotkan alkohol langsung ke tubuh, seperti pakaian justru dapat membahayakan, karena dapat terkena mata dan mulut. Alkohol dan klorin memang terkenal dapat membersihkan permukaan benda dari kuman dan virus, termasuk virus Corona, namun penggunaannya harus berdasarkan rekomendasi dan petunjuk dari ahli.

 

 

2. Ultraviolet

Lampu ultraviolet diyakini dapat mensterilisasi tangan atau area kulit lainnya dari virus Corona, benarkah? WHO menjelaskan bahwa hal ini tidak benar, penggunaan sinar ultraviolet pada kulit justru dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

3. Hand dryer

Hand dryer sering kamu temukan di toilet tempat- tempat umum dan saat ini, alat tersebut diyakini dapat membunuh virus Corona. WHO menjelaskan bahwa untuk melindungi diri dari virus Corona, satu-satunya hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah rajin membersihkan tangan dengan produk berbasis alkohol atau mencuci tangan dengan air dan sabun.

Setelah selesai mencuci tangan, keringkan dengan handuk bersih atau hand dryer dengan udara yang hangat. Bagaimana menurutmu?

#ChangeMaker

PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Aturan COVID-19 yang Harus Dipatuhi Atlet di Olimpiade Tokyo 2020
Artikel Selanjutnya
4 Tahap Penanganan Virus COVID-19 Khusus Ibu Hamil