Sukses

Lifestyle

Hand Sanitizer dan Sabun Cuci Tangan, Mana yang Lebih Ampuh Bunuh Virus?

Fimela.com, Jakarta Sejak 2 minggu lalu, hand sanitizer sulit untuk dicari di berbagai macam toko dan apotek. Pasalnya, di tengah pandemi COVID-19 atau wajah virus Corona, masyarakat Indonesia mulai membeli sanitizer untuk keperluan kebersihan kedua tangan baik di perjalanan maupun di rumah. 

Hand sanitizer dipercaya dapat membunuh kuman dan virus. Namun, benarkah hand sanitizer dapat membunuh kuman dan virus, serta dapat menjadi pengganti sabun cuci tangan? Liputan6 mewawancarai Sri Sultan HB X yang telah berdialog dengan pakar mikrobiologi. 

Menurutnya, sebaiknya masyarakat Indonesia membersihkan tangan menggunakan sabun biasa, bukan hand sanitizer. Pasalnya, hand sanitizer hanya mampu membunuh bakteri bukan virus, termasuk virus Corona. 

"Hand sanitizer itu membunuh bakteri bukan virus, sabun virus bisa lepas kalau hand sanitizer tidak lepas virus. Pakai sabun selalu sering dilakukan tidak kena virus," katanya kepada Liputan6. 

Tisu Basah Dapat Digunakan

Jika Sahabat Fimela berada di perjalanan dan tidak memiliki akses terhadap air mengalir serta sabun biasa, kamu bisa menggunakan tisu basah sebagai penggantinya. Tisu basa, menurut Sultan, juga lebih baik dalam menangkal virus. Anjuran ini diberikan kepada masyarakat untuk dapat menangkal virus Corona di Yogyakarta. 

"Mari hidup sehat, kebijakan yang kita lakukan demi masyarakat. Masyarakat tidak hanya merupakan obyek namun juga bisa berperan sebagai subyek yang aktif mencegah virus," katanya kepada Liputan6.  

#ChangeMaker

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Parenting untuk Proteksi Anak di Masa Pandemi dari Bunga Zainal-Zivanna Letisha