Sukses

Lifestyle

Cara Menyimpan Jahe Agar Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Jahe dapat dinikmati sebagai makanan lezat atau menjadi rempah-rempah atau mungkin bahkan digunakan untuk pengobatan tradisional seperti meredakan rasa sakit kepala atau sakit perut. Tetapi masalahnya terkadang kita sulit menggunakan jahe dengan sekaligus saat kita membelinya dan mungkin untuk menyimpannya dalam kurun waktu tertentu. Berikut ini beberapa cara untuk menyimpan jahe supaya tahan lama.

Pilih Jahe yang Masih Segar

Jika ingin menyimpan jahe supaya tahan lebih lama, mungkin perlu untuk memilih jahe yang masih segra saat membelinya. Untuk memilih jahe yang segar, pilih jahe dengan aroma segar dan memiliki kulit yang halus. Rimpang jahe harus terasa berat dan kencang di tangan. Hindari jahe yang berkerut atau terasa agak lunak.

Menyimpan Jahe di Kulkas

Simpan jahe pada plastik zipper. Untuk menyimpan jahe di dalam plastik zipper dengan cara ambil jahe yang tidak dikupas dan letakkan di dalam plastik dengan hati-hati keluarkan udara yang ada di dalam plastik. Tempatkan jahe pada rak sayuran di lemari pendingin.

Simpan Jahe di Kantong Kertas

Simpan jahe yang belum dikupas dengan membungkus menggunakan tisu. Lalu masukkan jahe dengan hati-hati ke dalam kantong kertas, usahakan tidak ada lubang yang membiarkan udara masuk. Kemudian masukkan jahe ke dalam rak sayur pada lemari pendingin.

Menyimpan Jahe dalam Keadaan Terkupas

Menyiman jahe dalam keadaan terkupas tetap dapat dilakukan dengan cara memasukkannya ke dalam toples atau wadah yang tertutup dan berikikan juga mungkin jus jeruk untuk membuatya lebih tahan lama dan tidak menghilangkan rasa dari jahe tersebut.

Menyimpan di Dalam Freezer

Menyimpan jahe di dalam freezer mungkin dapat dilakukan untuk membuatnya lebih tahan lama. Caranya mudah sekali, masukkan jahe yang belum terkupas ke dalam palstik. Keluarkan udara yanga da di dalam kantong plastik dengan hati-hati. Setelah itu masukkan jahe ke dalam freezer. Biasanya jahe dapat bertahan hingga beberapa bulan.

Membekukan Jahe Halus

Jahe yang telah dihaluskan masih dapat disimpan dengan cara yang cukup unik hingga dapat bertahan beberapa minggu. Caranya jahe yang telah di haluskan di cetak pada wadah atau loyang, ambilah satu sendok teh jahe halus dan letakkan dalam loyang. Kemudian masukkan jahe ke dalam freezer hingga ia benar-benar membeku. Kemduian pindahkan ke wadah kedap udara. Kemduian masukkan lagi ke dalam freezer dan jahe dapat bertahan hingga enam bulan lamanya.

Nah, berikut tadi beberapa cara mudah untuk menyimpan jahe supaya bertahan lebih lama. Terlebih saat ini jahe semakin sulit di dapatkan karena untuk menjaga daya tahan tubuh dari virus corona. Selamat mencoba semoga selalu sehat!

#Changemaker

What's On Fimela
Loading