Sukses

Lifestyle

Tips Mengelola Keuangan saat Masa Pandemi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Hal yang paling berat dari efek virus corona ini adalah masalah keuangan. Banyak sektor pekerjaan yang terkena imbasnya. Harga bahan pokok yang semakin mahal dan beberapa kebutuhan yang menjadi langka.

Pada situasi yang seperti ini, bijak dalam mengatur keuangan sangat dibutuhkan. Benar-benar memahami mana yang menjadi kebutuhan atau sekadar keinginan.Tentu kamu tidak ingin salah dalam mengambil keputusan kan?

Well berikut ini adalah langkah bijak untuk mengelola keuangan saat masa pandemi karena virus corona.

1. stop panic Buying

Panic buying bukanlah solusi. Panic buying justru membuat harga di pasar semakin mahal. Barang-barang yang sebenarnya cukup menjadi langka. Well, belilah barang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan menyimpan barang yang tidak dibutuhkan.

2. Beli Barang yang Dibutuhkan

Untuk sementara hindari membeli barang yang kamu inginkan. Fokus pada barang-barang yang memang kamu butuhkan. Kebutuhan tersier bisa ditunda dulu, misalnya rekreasi, beli barang-barang branded lainnya. Hal yang sebenarnya tidak kamu butuhkan di masa sekarang kan?

3. Fokus ke Bahan Makanan

Jika memang keuanganmu tidak terlalu stabil dan pendapatan pun super ngepas, sebaiknya fokus ke bahan makanan saja. Fokus pengeluaranmu untuk kebutuhan ini. Sesekali membeli makanan di luar tidak masalah, akan lebih baik lagi jika kamu memasak saja di rumah. Pilih makanan yang praktis dan awet. Selain hemat cara ini juga sehat.

Bijak dalam mengelola keuangan seperti saat ini sangat penting. Semoga keadaan ini segera berlalu dan kembali normal. Stay Safe, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Kasus Baru Covid-19 Bertambah 915 Orang, DKI Terbanyak
Artikel Selanjutnya
Sanksi yang Akan Menanti Jika Rachel Vennya Terbukti Mangkir Karantina