Sukses

Lifestyle

Hal-Hal yang Bisa Dilakukan Selama Karantina

Fimela.com, Jakarta Selain bekerja dari rumah, banyak orang yang mengisi waktunya dengan memasak, berkebun, bermain, menonton film seharian penuh, dan lain sebagainya selama masa karantina akibat virus corona yang terjadi. Namun perlu diingat bahwa, inilah saat yang tepat untuk kamu membersihkan rumah dan menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak kamu pakai, sudah rusak, ataupun sudah kadaluwarsa.

Daripada menumpuk dirumah dan membuat rumah menjadi berantakan, beberapa barang yang sudah kamu pisahkan dan masih layak pakai nantinya dapat kamu jual ataupun kamu donasikan kepada orang lain. Membersihkan barang-barang yang sudah tidak dipakai dapat membuat rumah kamu lebih rapi dan lebih memiliki ruang yang besar.

Melansir dari realsimple.com, berikut adalah barang-barang yang harus kamu pisahkan jika sudah tidak lagi terpakai.

1. Pakaian

Karantina adalah waktu yang tepat untuk menyisir lemari pakaian kamu. Kamu dapat menyortir baju mana yang kira-kira sudah tidak kamu pakai ataupun sudah tidak muat. Sisihkan baju-baju yang mungkin sudah tidak kamu gunakan selama 1 tahun terakhir. Jika kamu ingin menjual atau mendonasikannya, cuci pakaian yang harus dibersihkan, lalu lipat rapi dalam kantong atau kotak agar siap disumbangkan. 

Yang bisa dilakukan saat karantina di rumah

2. Kosmetik dan Peralatan Mandi

Biasanya banyak orang yang menyimpan stok sabun, sampo ataupun peralatan mandi lainnya yang tersimpan sudah lama. Sebelum menggunakannya, ada baiknya untuk kamu memastikan untuk tidak menggunakan produk yang kadaluwarsa dan dapat menyebabkan iritasi kulit. Jika kamu memiliki botol kosong untuk dibuang, periksa untuk melihat apakah dapat di daur ulang atau tidak. Selain peralatan mandi, perhatikan juga kosmetik yang sudah kadaluarsa.

3. Peralatan dapur

Banyak orang yang memiliki hobi baru saat karantina dirumah seperti memasak. Hal ini membuat kamu lebih memperhatikan peralatan dapur seperti pemanggang roti, panci, dan lain sebagainya yang mungkin sudah tidak pernah kamu pakai. Jika kamu ingin mendonasikannya, kamu harus memperhatikan bahwa peralatan dapur kamu masih berfungsi dengan baik. Pastikan semua barang tersebut bersih dan kering, lalu simpan di tempat yang dapat melindunginya dari debu. Setelah karantina selesai, kamu dapat menyumbangkan kepada orang lain.

Yang bisa dilakukan saat karantina di rumah

4. Barang pantry

Ada baiknya untuk membuang barang-barang kadaluwarsa di lemari es ataupun dapur kamu. Dengan cara ini, kamu tidak perlu khawatir keluarga kamu makan makanan yang sudah kadaluwarsa. Jangan lupa untuk sekalian membersihkan lemari es yang mungkin sudah lama tidak kamu bersihkan.

5. Kertas tidak terpakai

Karantina menjadikan ini saat yang tepat untuk membaca dokumen dan kertas kamu yang menumpuk. Mulailah dengan menyingkirkan kertas yang jelas tidak kamu butuhkan, seperti kupon, surat yang tidak terpakai ataupun semua penawaran kartu kredit yang dikirimkan. Simpan kertas yang masih kamu butuhkan dalam kategori yang jelas. Ini akan membuat meja kerja ataupun file berkas kamu terlihat lebih rapi.

Penulis: Zhafira Majdina

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading