Sukses

Lifestyle

8 Perubahan yang Harus Dilakukan Jika Ingin Persiapkan Tubuh Sebelum Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Puasa Ramadan tinggal menghitung hari, menjelang bulan Ramadan tentu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, terutama kondisi kesehatan tubuh dan kebiasaan harian. Beberapa di antara kita mungkin berpikir tubuh akan siap kapan saja diajak puasa sebulan.

Tapi sebenarnya, tubuh juga perlu adaptasi agar tidak kaget saat puasa nanti. Ini yang perlu dipersiapkan dan diubah mulai sekarang.

1. Porsi makan

Jika biasanya makan tiga kali sehari, kurangi porsi makan jadi dua kali sehari. Jika biasanya satu piring penuh, kurangi menjadi setengahnya. Cara ini akan membuat lambung tidak terlalu kaget ketika diharuskan tak makan selama seharian nanti.

2. Berhenti ngemil

Jika punya kebiasaan ngemil di siang hari untuk menemani bekerja atau melakukan kegiatan, hentikan mulai sekarang. Jika mengurangi terbiasa ngemil sekarang, puasa tak akan terasa sulit nantinya karena sudah memberi tahu tubuh untuk tidak makan di siang hari.

3. Makanan yang dikonsumsi

Jika selama ini suka makan berbagai jenis makanan, sekarang pilih makanan yang berserat dan sehat saja. Kurangi makan gorengan dan berlemak. Perbanyak sayuran dan buah untuk memperkuat kondisi tubuh agar tak mudah jatuh sakit saat puasa.

4. Kurangi kopi

Penting sekali bagi pecinta kopi mulai mengurangi minum kopi mulai sekarang. Karena kopi cenderung menimbulkan ketergantungan, akan sulit jika tiba-tiba berhenti sama sekali. Lebih baik jika mulai menguranginya saat ini agar tak kaget saat puasa nanti.

5. Atur jam tidur

Karena akan ada jam sahur yang pasti akan mengganggu jam tidur pada umumnya, sekarang atur jam tidur menjadi lebih lama di sore hari. Jangan banyak begadang agar bisa tetap segar saat waktunya sahur.

6. Banyak minum air putih

Agar tidak dehidrasi, perbanyak minum air mulai dari sekarang. Lho, mengapa tidak dikurangi saja? Kan saat puasa justru tak boleh minum air? Anggapan itu salah, membiasakan diri banyak minum air putih berguna selama waktu berbuka hingga selesai sahur agar tubuh tidak kalap makan berlebihan dan justru membuat tubuh gemuk sekaligus membuat tubuh tetap terhidrasi selama puasa.

 

7. Sarapan

Sarapanlah lebih pagi, jika tak terbiasa sarapan perut akan mudah begah karena tak terbiasa makan di pagi hari. Jadi yang sudah terbiasa sarapan, sarapanlah lebih awal, dan bagi yang tak terbiasa sarapan, mulailah sarapan pagi mulai sekarang.

8. Berhenti merokok

Bagi perempuan yang merokok, seperti kopi yang menimbulkan ketergantungan, hentikan merokok mulai sekarang agar bisa tetap puasa dengan nyaman saat Ramadan.

Nah, itu dia sekian hal yang bisa diubah mulai sekarang jika ingin mempersiapkan tubuh sebelum puasa Ramadan.

#ChangeMaker with Fimela

PLAYLIST VIDEO 29 JULI 2021
Loading