Sukses

Lifestyle

Menilik 16 Negara yang Tidak Terkena Infeksi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan virus corona sebagai pandemi global sejak terjadi penyebaran yang cukup luas di dunia. Setidaknya, 180 negara di dunia terinfeksi virus corona atau COVID-19 ini dengan angka kematian lebih dari 126ribu jiwa secara global.

Dikutip dari Aljazeera pada Kamis (16/4/2020) ada lebih dari 2 juta orang terinfeksi virus corona, berdasarkan data yang dihimpun oleh Universitas Johns Hopskins. Dengan terjadinya penyebaran yang cukup luas di dunia ini, masih adakah negara yang tidak terinfeksi virus corona sama sekali?

Dilaporkan sebanyak 16 negara di dunia masih steril dari infeksi virus corona. Negara-negara tersebut terletak di kawasan Pasifik, sebagian Afrika dan Asia. Negara mana sajakah yang tidak terinfeksi virus corona sama sekali?

Di antaranya adalah Comoros, Kiribati, Lesotho, Kepulauan Marshall, Mikronesia, Nauru, Korea Utara, Palau, Samoa, Sao Tome dan Principe, Kepulauan Solomon, Tajikistan, Tonga, Turkmenistan, Tuvalu, dan Vanuatu.

 

Masing-masing memiliki protokol tersendiri

Ke-16 negara ini menjalankan protokol masing-masing agar virus corona tidak masuk ke negaranya. Seperti yang dilakukan oleh Mikronesia yang mendeklarasikan keadaan darurat kesehatan masyarakat pada 14 Maret meski belum ada warganya yang terinfeksi. Dari deklarasi tersebut diberlakukan pelarangan WNA dari negara yang terinfeksi dan melarang warga negaranya pergi ke negara yang terinfeksi. Selain itu, imbauan cuci tangan dan social distancing sudah dijalankan secara tertib.

Sementara di Kepulauan Solomon, pemerintahnya memberlakukan keadaann darurat publik sejak 25 Maret 2020. Selain itu, diberlakukan juga pembatasan perjalanan bagi warga negaranya untuk mencegah kedatangan atau penyebaran virus coronan.

Hingga kini, Korea Utara belum melaporkan adanya kasus virus corona di negaranya. Negara tersebut pun sudah mengambil langkah isolasi dengan menyegel perbatasannya dengan Cina, dan melarang semua pelancong asing masuk ke Korea Utara.

Lain hal terjadi di Turkmenistan dan Tajikistan yang tidak terinfeksi akibat sedikitnya pelancong yang datang ke negara tersebut. Ini menjadi sebuah keuntungan di mana kemungkinan kecil virus corona masuk ke negara tersebut. Meski demikian, Tajikistan sudah merombak sistem perjalanan di negaranya dan meminta warganya menghindari pertemuan besar.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading