Sukses

Lifestyle

Rapid Test dan PCR Test Covid-19 Gratis untuk Pengemudi Grab dan Tenaga Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Seluruh dunia kini sedang memerangi penyebaran virus COVID-19.Presiden Jokowi pun telah menginstruksikan untuk segera meningkatkan kapasitas tes COVID-19 di Indonesia. Menanggapi hal ini, GrabHealth powered by Good Doctor, sebagai platform kesehatan digital di Indonesia, berinisiatif memberikan rapid test dan PCR test secara gratis kepada tenaga kesehatan dan mitra pengemudi dan pengantaran Grab.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye #BaikBersama yang dilaksanakan Good Doctor sebagai bentuk komitmen berkelanjutan dariperusahaan dalam melawan pandemi COVID-19 di Indonesia. Fase pertama program ini dimulai hari ini dengan memberikan rapid test kepada 1000 tenaga kesehatan serta mitra pengemudi dan pengantaran Grab.

Bagi mereka yang mendapatkan hasil positif melalui rapid test, kemudian akan menjalani pengujian PCR untuk konfirmasi lebih lanjut. Semua tes ini diberikan secara gratis dan GrabHealth maupun GoodDoctor akan memperluas penyediaan jumlah tes gratis ini di fase yang akan datang.

"Kami memperluas layanan dalam penyediaan rapid test dan PCR testgratis untuk mereka yang paling membutuhkan. Tentunya untukmemastikan kelayakan berdasarkan tingkat risiko infeksi, semua peserta tes akan melalui skrining terlebih dahulu dalam platform kami. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung inisiatif ini, terutama kepada Solidaritas Berantas COVID-19 (SBC) dan mitra yang berkontribusi dalam pengadaan PCR test gratis untuk tenaga kesehatan,” Jelas Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia dalam siaran pers yang diterima Fimela.com.

Pelaksanaan rapid test

Rapid test gratis ini untuk mitra pengemudi GrabCar maupun GrabBike di area Jakarta. Sedangkan rapid test dan PCR test COVID-19 akan diberikan untuk para tenaga kesehatan. Layanan gratis ini dimulai sejak 15 April hingga 30 April, terbuka untuk seluruh mitra pengemudi Grab dan tenaga kesehatan di area Jakarta.

Sebelum melakukan tes, tenaga kesehatan dan mitra pengemudi dapat masuk ke aplikasi Grab dan mengakses layanan GrabHealth untuk berkonsultasi dengan mitra dokter Good Doctor di jam yang telah ditentukan. Konsultasi ini penting sebagai skrining menentukan tingkat risiko COVID-19.

Hanya mereka yang berisiko sedang atau tinggi yang dapat mengikuti program rapid dan PCR test gratis ini. Seluruh biaya pengadaan alat danpelaksanaan rapid test dan PCR test ditanggung sepenuhnya oleh Grab, Good Doctor dan SBC (Solidaritas Berantas COVID-19).

Penyelenggaraan rapid test dilakukan secara drive-through, sehingga tenaga kesehatan maupun mitra pengemudi Grab yang akan mengikuti tes diharuskan untuk datang ke lokasi dengan menggunakan kendaraan, seperti motor atau mobil. Sedangkan untuk PCR test akan dilakukan dengan sistem walk-in atau datang langsung ke rumah sakit yang telahditentukan.

"Kami mendukung penuh program rapid dan PCRtest gratis yang diberikan GrabHealth powered by Good Doctor sebagai kontribusi besar dan langkah penting mengidentifikasi risiko para driver dan tenaga kesehatan. Dengan melakukan screening rapid test bagi mitra pengemudi Grab dan tenaga kesehatan, maka bisa membantu pemerintah dalam melakukan pemetaan penyebaran pandemi danmenyiapkan langkah-langkah pencegahan dengan lebih terarah, efektif, dan efisien karena saat ini kita berlomba dengan waktu," papar drg. Oscar Primadi, MPH. Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RepublikIndonesia.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading