Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Penting Puasa Ramadan untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Selain kewajiban agama pada umat islam selama bulan suci Ramadan, puasa juga memiliki manfaat untuk kesehatan yang tak terhitung. Dari peningkatan manajemen berat badan dan regenerasi sel darah yang lebih sehat sehingga fungsi jantung dan kesehatan vaskular yang lebih baik. Puasa telah menjadi metode yang cukup masuk akal untuk menjaga awet muda, bugar dan sehat. Namun, Sahabat Fimela tidak mengetahui banyanya manfaat yang kita dapatkan dari puasa, berikut ini beberapa manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh.

Detoksifikasi

Menjauhkan diri dari semua sat padat dan bertahan hidup dengan cairan selama beberapa hari adalah cara yang bagus untuk membersihkan tubuh dan mendetoksifikasi. Selain itu puasa juga meningkatkan fungsi organ sembari membersihkan sistem pencernaan, meningkatkan sirkulasi darah dan membuang racun berbahaya dalam tubuh.

Penekan Nafsu Makan

Dengan mengatur harimu di sekitar segala hal selain makan, tubuhmu akhirnya terbiasa untuk tidak merasa lapar sepanjang waktu. Selama bulan suci Ramadan, banyak kaum muslim yang mengambil bagian dalam puasa wajib, akan mengalami banyak mengidam selama hari puasa, hanya untuk menemukan bahwa mereka taidak dapat mengonsumsinya banyak saat berbuka puasa. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa semakin sedikut dirimu memasukkan makanan ke dalama perut, untuk waktu yang lama, semakin banyak perut menyusut. Dan dirimu merasa kenyang setelah sedikit makanan.

Ketika tubuh terbiasa dengan seberapa sering kita makan, puasa berselang beberapa hari dapat secara drastis mengurangi nafsu makan kita dalam jangka panjang. Saat berbuka puasa, tubuh manusia tidak dapat mengonsumsi dalam jumlah besar dengan nyaman karena perut menyusut. Membuat dirimu merasa puas setelah makan yang lebih kecil dari biasanya. Proses ini juga meningkatkan produksi hormon tiroid dalam tubuh dan juga meningkatkan metabolisme.

Menjaga Metabolisme Tubuh

Salah satu yang lebih jelas dari puasa adalah mengurangi obesitas. Puasa mendorong enzim hati untuk memecah kolesterol dan lemak untuk mengubahnya menjadi asam empedu, yang pada gilirannya diubah menjadi panas dan berakhir merangsang metabolisme yang lebih cepat. Secara alami, puasa juga mengurangi nafsu makan yang mengurangi kadar hormon kelaparan dalam tubuh. Dirimu mungkin menemukan ukuran porsimu secara signifikan lebih kecil setelah periode puasa.

Menurunkan Berat Badan

Istilah puasa berarti menahan diri dari makanan atau minuman atau bahkan keduanya sekaligus. Ketika tubuh manusia menjalani proses kelaparan, yang mana tubuh bergantian lemak dalam rangka pemanfaatan dan membakar setiap energi yang tersimpan. Jika dilakukan dengan benar, puasa dapat menurunkan berat badan seseorang. Terutama untuk hilangnya jaringan lemak dalam tubuh, yang mengarah pada struktur fisik yang lebih baik secara keseluruhan.

Meningkatkan Sisem Kekebalan Tubuh

Mengambil bagian dalam puasa meningkatkan penyembuhan dalam tubuh manusia karena menerapkan fokus inti pada kekebalan tubuh dan metabolisme yang bertentangan dengan fokus pada pencernaan, yang selanjutnya meningkatkan pertumbuhan otot dalam proses tersebut. Sistem kekebalan tubuh sebagian besar terdiri dari sel darah putih dan puasa mendorong tubuh untuk mendaur ulang sel darah putih lama yang menghasilkan sistem kekebalan tubuh yang lebih sehat dan lebih kuat.

Berikut tadi beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan ketika melakukan puasa, terlebih ketika kita melakukannya dengan niat yang tulus.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading