Sukses

Lifestyle

Makanan dan Minuman yang Bisa Menyebabkan Sistem Imun Tubuh Lemah

Fimela.com, Jakarta Virus corona adalah virus yang menyerang sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Seseorang yang memiliki sistem imun tubuh yang kuat, tidak akan mudah terserang virus corona.

Sistem imun tubuh lemah disebabkan karena tubuh kekurangan limfosit atau sel darah putih. Sel darah putih bisa cepat diproduksi apabila mengonsumsi makanan yang bergizi. Tidak semua makanan mengandung gizi yang baik. Beberapa makanan bisa menyebabkan sistem imun tubuh lemah.

Berikut makanan yang harus dihindari, karena bisa menyebabkan sistem imun tubuh lemah:

Makanan dan Minuman Manis

Gula adalah bahan makanan yang tidak baik untuk kesehatan. Makanan dan minuman yang manis bisa menyebabkan insulin dalam darah naik, apalagi jika menggunakan gula tambahan yang banyak.

Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula, bisa membuat berkurangnya asupan vitamin C ke dalam tubuh. Sehingga sistem imun tubuh akan lemah.

Mengonsumsi gula secara berlebihan, juga bisa membuat orang mengantuk, dan kekurangan semangat untuk beraktivitas.

Mengonsumsi Junk Food

Junk food atau makanan cepat saji kurang bagus jika dikonsumsi berlebihan. Junk food bisa membuat tubuh menimbun lemak.

Selain itu junk food juga bisa membuat sistem imun tubuh menjadi lemah. Karena junk food tidak mengandung zat gizi yang baik untuk tubuh.

Junk food juga bisa membuat perut menjadi buncit. Jadi sebisa mungkin hindari mengonsumsi junk food, agar badan menjadi lebih sehat.

Minuman Berkafein

Banyak orang sangat senang mengonsumsi kopi pada pagi hari, untuk membuat hari lebih semangat. Namun ternyata kafein bisa membuat peningkatan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon yang dikeluarkan pada saat orang sedang stres. Kortisol bisa membuat sistem imun tubuh menjadi lemah.

Kafein bisa memperlambat produksi sel imun di dalam tubuh. Selain itu kafein juga menurunkan fungsi limfosit, sehingga menyebabkan sistem imun tubuh lemah.

Mengonsumsi kafein secara berlebih juga bisa membuat seseorang menjadi susah tidur. Kurang tidur menyebabkan tubuh lemah dan mudah terserang penyakit.

 

Mengonsumsi MSG

MSG merupakan bahan makanan untuk membuat makanan lebih lezat. Namun MSG bisa membuat sistem imun tubuh menjadi lemah. MSG bisa mengganggu sistem kerja kelenjar limpa dan kelenjar timus, yang berada di tengah rongga.

Jika sistem kerja kelenjar tersebut terganggu, maka produksi sel darah putih akan mengalami penurunan. Kalau tubuh kekurangan sel darah putih, maka sistem imun tubuh akan lemah.

Sistem tubuh yang lemah akan membuat tubuh mudah terserang suatu penyakit, seperti penyakit yang disebabkan oleh virus corona.

Makanan Kaleng

Banyak sekali makanan kalengan yang dijual di supermarket. Buah-buahan dan ikan pun dijual dalam bentuk kaleng. Walaupun buah-buahan dan ikuan memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh, namun buah-buahan dan ikan yang ada dikaleng memiliki bahan pengawet.

Bahan pengawet itu memiliki kandungan kimia yang berbahaya untuk tubuh. Karena kandungan kimia itu diproses bersama dengan makanan yang ada di dalam kaleng.

Zat kimia yang dikonsumsi bisa membuat gangguan pada sistem pencernaan, dan membuat tubuh menjadi mudah sakit. Untuk itu jangan berlebihan mengonsumsi makanan kaleng, karena bisa membuat sistem imun pada tubuh melemah.

Minuman Alkohol

Pada dasarnya alkohol memang dilarang untuk dikonsumsi. Karena minuman beralkohol bisa membuat kerusakan pada organ tubuh.

Minuman beralkohol memiliki banyak kandungan gula, yang bisa menaikkan kadar gula darah dalam tubuh. Minuman beralkohol bisa mempengaruhi hormon dan membuat orang menjadi susah tidur. Jika pola tidur tidak teratur, tubuh akan melemah dan mudah terserang sakit.

Kandungan yang ada di dalam minuman alkohol dapat merusak fungsi makrofag, imunoglobulin, sitokin dan sel darah putih. Untuk itu, kurangilah minum minuman berlakohol. Agar sistem imun dalam tubuh tidak melemah.

Minuman Bersoda

Mengonsumsi minuman bersoda bisa membuat segar seketika. Tapi minuman ini tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

Minuman bersoda memiliki kandungan gula yang banyak, termasuk pemanis buatan yang tidak baik dikonsumsi tubuh. Pemanis-pemanis buatan seperti sakarin dan sukralosa yang ada di dalam minuman bersoda, bisa membuat sistem imun tubuh menjadi lemah.

Jika ingin membuat tubuh menjadi segar, lebih baik mengonsumsi minuman seperti infused water. Karena minuman infused water bisa membuat tubuh menjadi sehat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading