Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengatasi Masalah Keuangan yang Bisa Kamu Coba Selama Pandemi Covid-19

Fimela.com, Jakarta Tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa aturan selama pandemi Covid-19 berlangsung membawa dampak yang besar bagi perekonomian banyak orang. Sebut saja social distancing dan pembatasan sosial berskala besar yang pastinya berimbas pada pembatasan aktvitas eknomi.

Bagi mereka yang bisa tetap bekerja dengan menggunakan sistem wfh pasti tidak begitu memiliki kekhawatiran, berbeda dengan mereka yang mata pencahariannya tidak bisa dilakukan secara wfh. Kondisi ini pasti akan menjadi dilema, disatu sisi mereka tidak ingin terkena paparan virus corona tetapi disisi lain mereka tetap harus berpenghasilan untuk hidup.

Ketika mata pencaharian sudah tidak bisa diandalkan lagi untuk bertahan hidup ditengah pandemi Covid-19 maka, orang-orang harus mencari cara lain. Alternatif seperti ini perlu dipertimbangkan agar semua orang dapat tetap bertahan sampai wabah ini selesai.

Ada berbagai cara sebenarnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah keuangan ditengah wabah yang bisa kamu coba. Cara ini bisa menjadi alternatif terbaik agar kamu dapat tetap memiliki penghasilan.

Buat kamu yang sudah mulai penasaran, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 cara mengatasi keuangan yang bisa kamu coba selama pandemi Covid-19. Kamu bisa langsung cek peluang mana yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah keuanganmu.

Bisnis Online

Cara mengatasi masalah keuangan yang bisa kamu coba selama pandemi Covid-19 berlangsung adalah beralih peruntungan pada bisnis online. Mengingat semua orang tidak memungkinkan lagi untuk bebas keluar rumah maka, solusinya adalah mengganti cara berjualan yang biasanya dialukan secara offline dengan online.

Ada banyak marketplace yang bisa kamu coba untuk menjajakan produkmu disana. Setidaknya cara ini sangat aman untukmu maupun orang lain karena transaksi tidak dilakukan secara langsung sehingga kecil kemungkinan menyebarkan virus corona.

Jika kamu bukan seorang pebisnis atau berprofesi sebagai pedagang setiap harinya, kamu tetap bisa melakukan bisnis ini dengan cara menjadi reseller atau dropshipper. Satu hal yang perlu kamu tahu, bisnis secara online tidak harus dalam berbentuk barang, kamu juga bisa menyediakannya dalam bentuk jasa jika kamu memiliki keahlian khusus yang potensial.

Melakukan Pinjaman Online

Kedua, cara mengatasi masalah keuangan yang bisa kamu coba selama pandemi ini berlangsung ialah melakukan pinjaman online. Seiring dengan perkembangan fintech yang semakin maju, ada banyak aplikasi pinjaman online yang bisa kamu coba.

Tentunya ini hanyalah sebuah saran untuk melihat peluang mana yang bisa kamu coba, apabila pinjaman online adalah cara yang ideal menurutmu, mengapa tidak mencobanya saja. Melakukan pinjaman online bisa membantumu mengatasai masalah keuangan sementara waktu.

Akan tetapi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin melakukan pinjaman online. Pertama, pastikan aplikasi yang kamu pilih untuk melakukan pinjaman adalah aplikasi yang terpercaya atau sudah terdaftar di otoritas jasa keuangan. Kedua, perhatikan ketentuannya saat kamu melakukan pinjaman online, jangan sampai memberatkanmu.

Menjual Barang Preloved

Selanjutnya, cara mengatasi masalah keuangan ditengah wabah virus corona yang bisa kamu coba adalah menjual barang preloved. Tentu cara ini lebih aman dan lebih praktis dibandingkan dengan melakukan pinjaman online dan memulai bisnis online karena barangnya adalah milikmu sendiri.

Akan tetapi kamu harus benar-benar yakin dengan barang koleksimu yang akan kamu jual atau lelang. Pertama, pastikan barang tersebut masih dalam keadaan ideal untuk dijual kepada orang lain. Kedua, pastikan barang tersebut memiliki nilai komersial untuk dijual sehingga kamu tidak ragu ketika menjualnya.

Untuk mediumnya, kamu bisa menggunakan media sosial untuk mengumumkan bahwa kamu menjual barang preloved dan menunjukkan foto dan detail barangnya juga. Akan tetapi jika menurutmu itu mengganggu dan kurang nyaman, kamu bisa hubungi teman-teman atau kenalan yang menurutmu membutuhkan barang koleksi yang kamu jual.

Menjual Barang Investasi

Menjual barang-barang investasi seperti emas, perhiasan, surat-surat berharga, sampai kendaraan mungkin bisa menjadi cara mengatasi masalah keuangan. Tentunya ini keputusan yang sangat serius untuk benar-benar mengambilnya.

Emas, tanah, uang dollar biasanya sering dijadikan sebagai alat investasi manakala krisis keuangan terjadi karena ketiga barang tersebut pasti tetap memiliki daya jual yang tinggi. Maka dari itu, kamu bisa menjualnya. Akan tetapi disarankan, keputusan ini biasanya diambil ketika kamu berada dalam posisi yang sangat terhimpit dan cara ini adalah satu-satunya jalan keluar.

Menggadai Barang

Terakhir, cara mengatasi keuangan yang bisa kamu coba selama pandemi Covid-19 ialah dengan menggadaikan beberapa barang yang kamu miliki. Ada beberapa barang yang bisa kamu gadai seperti, ponsel, pc, emas, kendaraan, serta barang elektronik lainnya. Tentunya dengan surat-surat yang lengkap.

Menggadai barang biasanya menjadi cara andalan banyak orang untuk dapat mencairkan dana secara cepat dan terhindar dari kemungkinan buruk sebuah transaksi keuangan. Apabila kamu tidak cukup berani untuk melakukan pinjaman online atau menjual barang berharga, mungkin menggadainya adalah salah satu cara terbaik agar kamu bisa menebusnya dan tidak kehilangan barang berharga yang kamu miliki.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading