Sukses

Lifestyle

Tips Sederhana Mempersiapkan Diri untuk Puasa di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bulan suci Ramadan akan segera tiba dalam beberapa hitungan hari saja. Beberapa dari kita berpikir kita tiba-tiba akan siap ketika Ramadan dimulai, tetapi perencanaan akan membuat transisi jauh lebih mudah. Berikut ini adalah cara mudah mempersiapkan tubuh untuk menghadapi puasa Ramadan.

Konsumsi Makanan

Mulailah dengan mengonsumsi makanan dalam jumlah sedang. Jangan berbelanja makanan karena Ramadan telah mendekat. Ini hanya akan meningkatkan nafsu makan dan membuatnya lebih sulit untuk berpuasa.

Sarapan Pagi

Selama bulan Ramadan, semua umat muslim akan bagun pagi untuk sahur, makan sebelum fajar saat sebelum puasa dimulai. Penting untuk tidak melewatkan ini. Mulailah sarapan pagi lebih awal dari sekarang, untuk membantu tubuh terbiasa dengan jam-jam sebelumnya, terutama jika dirimu tidak terlalu suka sarapan.

Jangan Ngemil

Biasan makan utama tiga kali dalam sehari yaitu sarapan, makan siang dan makan malam. Hindari ngemil di antaranya. Selama Ramadan, dirimu harus terbiasa makan dua kali makan utama yaitu saat sahur dan berbuka puasa atau iftar. Dengan cara ini, dirimu hanya perlu memotong satu kali makan.

Kurangi Asupan Kopi

Jika Sahabat Fimela seorang pecinta kopi dan tidak ingin pusing selama beberapa hari pertama bulan Ramadan, mulailah mengurangi asupan kafein dari sekarang. Beralihlah ke kopi tanpa kafein, atau hanya dengan mengonsumsi satu cangkir kopi dalam sehari bahkan lebih baik jika menghentikannya. 

Mengatur Tidur

Jika biasanya tidur larut malam dan terlambat bangun, mulailah mengatur tidurmu dari sekarang. Karena selama bulan puasa dirimu akan bangun lebih awal untuk sahur. Sahabat Fimela mungkin juga tidur lebih awal. Atau tidur siang dan tidur sebentar kemudian. Apapun kebiasaan tidur yang dirimu pilih, mulailah dari sekarang.

Perhatikan Persediaan Makanan

Perencanaan makan sebelum Ramadan dapat menghemat banyak kesulitan terutama selama minggu pertama Ramadan. Saat dirimu sibuk menyesuaikan diri mempersiapakan menu untuk berbuka dan sahur selama tujuh hari pertama, daftar bahan-bahan yang dibutuhkan dan mungkin juga dapat berbelanja makanan sekarang.

Nah, bagaimana Sahabat Fimela, apakah sudah siap untuk menjalankan puasa Ramadan tahun ini? Tetap semangat dan lakukan dengan niat dari dalam hatimu dengan tulus.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading