Sukses

Lifestyle

Ada yang Mengagumkan dari Posisi Sujud

Fimela.com, Jakarta Mungkin kita pernah mendengar ungkapan ini. Saat tak ada bahu untuk bersandar, masih ada sajadah tempat kita bersujud. Sujud adalah salah satu gerakan dalam ibadah salat. Gerakan dan posisi sujud pun biasanya bisa membuat kita merasa nyaman karena kita akan merasa semakin dekat dengan Sang Pencipta kita.

Tapi tahukah bahwa posisi sujud ternyata mempunya manfaat untuk kesehatan tubuh kita? Ternyata ada yang mengagumkan dari posisi sujud seperti sujud dalam salat. Posisi sujud sangat memengaruhi aliran darah dalam tubuh kita.

Memengaruhi Sirkulasi Darah dalam Tubuh

Mengutip buku Menyingkap Rahasia Gerakan-Gerakan Sholat, dr. Taufik Ulwan mengatakan, "Sesuatu yang mengagumkan dari posisi sujud adalah memunculkan sirkulasi darah yang sempurna searah dengan tarikan gaya gravitasi bumi. Ketika itu darah yang berasal dari bagian lekuk telapak kaki yang biasanya kesulitan memanjat menuju bawah. Pengencangan punggung menjadikan otot yang bersandar pada punggung mengalirkan darahnya dengan deras menuju aliran darah yang memancar dalam nadi darah besar yang pada saat itu berada dalam posisi lebih tinggi dari posisi keberadaan jantung. Sehingga perjalanan darah bertambah mudah dan cepat untuk menuju jantung apalagi dibantu dengan gaya gravitasi bumi.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa posisi sujud dapat memberi pengaruh berupa tekanan pada rongga perut. Pengerutan otot-otot dinding perut bagian depan juga menambah tekanan dalam rongga perut. Hal itu tentu menyebabkan terperasnya darah yang telah mengalami kesulitan yang mendapat rintangan di depannya untuk menuju otot jantung. Ketika itu otot jantung berada pada level lebih rendah dari sirkulasi darah dan siap menerima aliran darah yang jatuh dari arah atas.

Posisi sujud memiliki pengaruh yang luar biasa pada sirkulasi darah dalam tubuh. Ketika dilakukan dengan khusyuk, sujud tak hanya memberi ketenangan jiwa tapi juga bisa menyehatkan tubuh.

 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading