Sukses

Lifestyle

Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh Saat Puasa dan Pandemi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Di musim pandemi virus corona seperti saat ini memang membutuhkan imunitas tubuh yang baik. Apalagi di saat puasa, kita harus benar-benar menjaga kesehatan. Sebab, jika sakit virus pun akan mudah masuk ke dalam tubuh.

Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan (PKGK) FKM Universitas Indonesia Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D mengatakan sistem imun adalah garda terdepan dan benteng utama terhadap semua benda asing berbahaya bagi tubuh, termasuk virus corona.

Oleh karenyanya, untuk menjaga imunitas tubuh dibutuhkan asupan gizi yang seimbang, tidak lebih dan tidak kurang. "Mereka yang kekurangan gizi akan mengalami penurunan fungsi sistem imun, demikian juga dengan kelebihan gizi," ujar Ir. Ahmad dalam acara Diskusi online bersama Frisian Flag Indonesia.

Zat gizi yang diperlukan bagi fungsi imun ialah, sumber amino dari protein hewani seperti daging, ayam, ikan, susu, dan telur. Asam lemak esensial yang baik adalah ikan kembung dan ikan laut alam lainya.

Sumber vitamin A, minyak ikan, hati ayam, wortel, dan kuning telur. Asam folat bisa didapatkan dari hati sapi, sayur, buah, dan kacang-kacangan. Serta berbagai vitamin lainnya, seperti vitamin B6, B12, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, zinc, zat besi, sumber tambaga, dan selenium.

"Jadi makanlah beraneka ragam, ada lauk pauk, buah-buahn, makanan pokok dan sayuran. Jadi tiap hari bisa bervariasi nasi bisa diganti ubi, lauk pauk yang beragam," tambahnya.

Konsumsi susu

Untuk melengkapi asupan gizi pada tubuh, bisa menambahkan susu pada menu harian. Susu merupakan protein hewani yang berhubungan dengan sistem imun.

"Susu baik dikonsumsi karena di sampaing energi dan protein, susu juga mengandung vitamin B12, D, Zinc, dan selenium," ujar Ir. Ahmad.

Saat bulan Ramadan Ir. Ahmad Syafiq mengatakan bisa konsumsi susu saat buka puasa, sebelum tidur, atau saat sahur.

#Changemaker

What's On Fimela
Loading