Sukses

Lifestyle

Tips Mudah Agar Tetap Semangat Bekerja saat Menjalankan Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Memasuki bulan Ramadan, tak menyurutkan niat kita untuk menjalankan ibadah puasa. Bekerja, juga merupakan salah satu ibadah yang kita lakukan setiap hari. Bekerja selama Ramadan juga bermanfaat bagi Sahabat Fimela, tetapi hal itu bukan tanpa tantangan. Pada saat ini kita cenderung mengeluh atau merasa tidak memiliki energiĀ  dan semangat untuk bekerja saat berpuasa. Namun, jangan khawatir karena FIMELA akan berbagi tips agar tetap termotivasi untuk bekerja saat menjalankan puasa Ramadan

Motivasi

Kita akan bekerja dengan penuh semangat dan berenergi. Meskipun kita mungkin sering menghadapi lebih banyak tantangan selama Ramadan karena kewajiban untuk berlatih menahan diri dari lapar dan emosi serta pikiran negatif, pastikan bahwa kita akan bekerja dengan motivasi. Motivasi inilah yang nantinya akan membuat kita lebih bersemangat dan berenergi.

Makan saat Sahur

Ingat, saat Sahabat Fimela mengisi ulang energi selama sahur dan berbuka puasa, dirimu tidak perlu makan berlebihan. Sebaliknya, makanlah dengan porsi sedang untuk sahur karena makan berlebih akan memmbuat dirimu merasa mengantuk dan tidak berenergi. Pilihlah menu seimbang yang mengandung karbohidrat, protein dan serat dalam asupan makan.

Sesuaikan Waktu Tidur

Agar tetap termotivasi untuk bekerja saat Ramadan, perlu untuk memperbaiki jadwal tidur. Jika memiliki kebiasaan tidur larut malam, lebih baik ubahlah jadwal tidur tersebut. Cobalah untuk tidur lebih awal, karena dirimu juga harus bangun lebih awal daripada bulan-bulan selain Ramadan. Jadwal yang perlu diubah lainnya yaitu setelah sahur dan shalat subuh. Mungkin akan lebih baik jika kita tidak melanjutkan tidur, karena itu dapat menyebabkan dirimu merasa lesu setelahnya. Lebih baik melanjutkan waktu dengan berolahraga atau aktivitas yang memberi energi lainnya.

Sertakan Kegiatan Lain Selama Bekerja Agar Tetap Bersemangat

Gunakan waktu istirahat makan siang untuk melakukan beberapa kegiatan yang membuat dirimu segar dan santai seperti berolahraga, berjalan-jalan di kantir, atau sesekali mengobrol dengan rekan kerja. Dirimu juga dapat menggunakan waktu istirahat makan siang untuk tidur sebentar selama 20-30 menit. Aktivitas ini dapat membantumu merasa segar dan siap bekerja lagi.

Hindari Minuman Kafein

Pada hari biasa, kita dapat mengonsumsi kafein saat kita bekerja. Minuman yang mengandung kafein dapat membantu kira merasa berenergi, terutama ketika kita merasa mengantuk. Namun, selama bulan puasa, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi minuman yang mengandung kafein selama sahur atau ketika berbuka karena dapat membuat perut menjadi kembung dan terasa tidak nyaman. Bahan mungkin ini akan membuat perut menjadi terasa sakit.

Hal yang penting harus kita lakukan untuk memiliki semangat bekerja meskipun sedang berpuasa Ramadan yaitu dengan menjaga kesehatan tubuh. Hindari makanan yang tidak sehat. Makanan yang kita konsumsi juga dapat memengaruhi semua yang ada pada diri kita. Ketika memiliki tubuh yang sehat, secara keseluruhan tentunya kita memiliki semangat dan energi untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi kita.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading