Sukses

Lifestyle

Hari Perawat Internasional: 5 Perawat Terkenal yang Ubah Dunia Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Hari Perawat Internasional dirayakan setiap tanggal 12 Mei di seluruh dunia. Perayaan ini menyoroti pentingnya peran perawat di sektor kesehatan, apalagi saat ini perawat menjadi garda terdepan dalam menangani pandemi virus corona.

Hari Perawat Sedunia diperingati pada kelahiran perawat terkenal Florence Nightingale, juga disebut 'Lady with the Lamp' sosok yang penuh kasih yang membawa kegembiraan pada hari-hari terakhir dari ratusan tentara dalam Perang Krimea (1854-56).

Pada Hari Perawat Internasional kali ini, berikut daftar 5 perawat terkenal dari sejarah yang mengubah dunia dengan merevolusi profesi keperawatan, dilansir dari Indiatoday.in.

1. Florence Nightingale

Dilahirkan pada tahun 1820, Florence Nightingale baru berusia 17 tahun ketika dia percaya bahwa dia dipanggil untuk melayani oleh Tuhan "untuk melakukan sesuatu untuk mengangkat beban penderitaan orang-orang yang tidak berdaya dan menderita." Dan dia melakukannya sampai usia 90, ketika dia meninggal.

Nightingale melanjutkan keputusannya untuk menjadi perawat meskipun orangtuanya keberatan dengan profesi yang tidak memiliki reputasi baik pada saat itu. Sang visioner muda terus maju dan menjadi pengawas rumah sakit wanita yang berbasis di London hanya dalam waktu tiga tahun.

Lady with the Lamp 'mendirikan sekolah keperawatan berbasis ilmiah pertama, Nightingale School of Nursing, di London pada tahun 1860 dan juga menjadi wanita pertama di dunia yang dilantik ke dalam Ordo Merit.

Tidak mengherankan jika Hari Perawat Internasional dirayakan pada hari ulang tahun perawat yang hebat ini. Sistem perawatan kesehatan hari ini tidak akan sama hari ini jika bukan untuk Florence Nightingale.

Dari profesi yang buruk, keperawatan berubah menjadi bidang yang dihormati, semua berkat dia.

2. Dorothea Dix

Pasien-pasien kesehatan mental dulunya diperlakukan lebih seperti binatang daripada sebelum Dorothea Dix datang ke tempat kejadian dan mulai menyelidiki bagaimana orang-orang yang sakit mental dirawat di negara bagian Massachusetts AS.

Setelah investigasi, dia membuat ‘Memorial’ laporan pelanggaran hak asasi manusia dalam merawat orang-orang yang sakit mental dan mengirimkannya ke legislatif. Ini menyebabkan sistem rumah sakit jiwa negara bagian diubah.

Dia melanjutkan untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut di berbagai negara bagian lain seperti New Hampshire, Louisiana, North Carolina dan lain-lain.

Pada Hari Perawat Internasional, sangat penting bagi kita semua untuk mengetahui wanita luar biasa yang lahir tahun 1802 ini yang merevolusi cara pasien kesehatan mental dirawat. Dia adalah pelopor dalam bidang perawatan psikiatrik.

3. Clara Barton

Dilahirkan pada tahun 1821, setahun setelah Florence Nightinagle, Clara Barton adalah seorang perawat Perang Saudara dan biasa merawat tentara yang terluka. Dia memulai sebuah perusahaan yang saat ini melayani jutaan masyarakat Palang Merah Amerika.

Cara dia melihat perang dari dekat melalui prajurit yang dia perlakukan membuatnya berbicara. Dan pembicaraannya akhirnya membuatnya berhubungan dengan Presiden AS Rutherford B Hayes dan Chester Arthur.

Yang kemudian memberinya izin untuk membuat Palang Merah Amerika dan sekarang telah menjadi identik dengan bantuan bencana tidak hanya di AS tetapi di bagian lain dunia juga.

4. Mary Eliza Mahoney

Sampai Mary Eliza Mahoney muncul, perawat Afrika-Amerika tidak ada dalam sejarah Amerika. Lahir pada tahun 1845, dia adalah wanita Afrika-Amerika pertama yang lulus sekolah keperawatan di AS dan mendapatkan pekerjaan sebagai perawat profesional.

Dia mulai bekerja di perawatan pribadi dan kemudian mendirikan Asosiasi Nasional Perawat Lulusan Berwarna pada tahun 1908.Dia adalah pelopor dalam bidang keperawatan dan terima kasih kepada Mary Eliza Mahoney, sekarang ada sekitar 440.000 perawat Afrika-Amerika.

5. Virginia Lynch

Virginia Lynch adalah seorang perawat modern, jauh lebih muda daripada perawat lain dari daftar ini. Lahir pada tahun 1941, Lynch adalah pelopor terkemuka dalam keperawatan forensik dan membantu menciptakan sistem yang akan membawa keadilan bagi jutaan korban perkosaan.

Ketika dia masih di sekolah perawat, Lynch bertemu banyak korban perkosaan dan bagian yang menyedihkan adalah bahwa itu hampir menjadi norma saat itu bahwa pemerkosa tidak akan tertangkap.

Bukti dalam kasus pemerkosaan seperti pakaian korban atau barang-barang pribadi korban tidak dianggap serius. Mereka hilang, salah tempat, atau tidak diberikan kepada pihak berwenang.

Virginia Lynch membuat titik untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana barang-barang tersebut dapat digunakan untuk melacak pemerkosa. Berkat dia, kami memiliki perawatan forensik hari ini yang membantu mendaratkan lebih banyak penjahat di penjara.

 

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading