Sukses

Lifestyle

Mengatur Keuangan Setelah Pandemi, Saatnya Mulai Serius Memikirkan Investasi

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya perekonomian global, pandemi yang belakangan terjadi juga berdampak langsung di level perekonomian paling kecil, yaitu perekonomian pribadi maupun keluarga. Apalagi nggak sedikit orang yang harus menghadapi ancaman PHK, sehingga mengatur keuangan setelah pandemi nggak kalah penting untuk dilakukan.

Di sinilah pentingnya untuk mulai serius memikirkan investasi. Nggak melulu investasi dengan modal besar, kamu bahkan bisa mulai berinvestasi dengan modal kecil dan tetap menguntungkan lho. Lantas, jenis investasi apa saja yang bisa dipilih untuk mengelola keuangan setelah masa pandemi berakhir?

Investasi Emas

Emas menjadi salah satu produk investasi yang mudah dipilih, termasuk bagi pemula. Selain harga emas cenderung stabil, kamu juga bisa mulai nabung emas dengan modal kecil, yang tentunya bisa disesuaikan dengan dana yang dimiliki.

Menariknya, belakangan nabung emas ini bisa dilakukan secara online dan mudah dari rumah. Konsepnya pun segampang kamu menabung untuk membeli emas. Kamu bisa memulainya dari 1 gram hingga 1 kilogram emas. Yang jelas, sesuaikan sekali lagi dengan dana yang dimiliki.

Surat Utang Negara

Buat kamu yang belum tahu, Surat Utang Negara atau yang biasa disingkat sebagau SUN merupakan salah satu instrumen investasi yang menarik buat dipilih. SUN diterbitkan oleh pemerintah, dan setiap Warga Negara Indonesia bisa berinvestasi di instrumen ini. Selain itu, inestasi ini tepat dipilih, terutama di masa yang nggak pasti seperti sekarang ini, lantaran dijamin negara.

Kamu pun nggak perlu khawatir mengalami kerugian, karena dana hilang atau gagal bayar hampir nggak pernah terjadi di investasi SUN. Menariknya lagi modal yang dikeluarkan nggak selalu besar, karena kamu bisa berinvestasi di SUN mulai Rp1 juta.

Kerennya lagi, berinvestasi di instrumen ini secara nggak langsung juga turut membuatmu berkontribusi membangun bangsa. Ini karena kamu bersedia meminjamkan uang ke negara, dan negara akan mengembalikannya beserta keuntungan setelah jatuh tempo berakhir.

Reksadana

Jenis investasi satu ini cocok dipilih buat kamu yang memiliki modal kecil. Reksadana juga cocok buat para pemula yang ingin mulai berinvestasi lho. Kamu bisa mulai investasi di reksadana dengan modal mulai Rp100 ribu atau sesuaikan dengan jumlah dana yang kamu miliki. Dana yang ditabungkan dalam bentuk reksadana tersebut, lantas akan diputar oleh bank atau lembaga keuangan terpercaya yang kamu pilih. Nantinya, kamu bakal mendapatkan hasil bunga sesuai tenor yang disepakati di awal.

Kabar baiknya, investasi reksadana bisa kamu lakukan dengan mudah dari rumah. Mulai aja dari Tokopedia, segala kebutuhan termasuk keperluan berinvestasi reksadana dapat dipenuhi secara mudah dan terpercaya. Salah satu produk reksadana di Tokopedia yang dapat kamu pilih adalah Syailendra Dana Kas. Di samping transparan, kamu juga bisa memahami simulasinya dengan mudah, karena Tokopedia selalu memberikan kemudahan bagi para pelanggan setianya. (*)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading