Sukses

Lifestyle

Pentingnya Mengenakan Sunglasses untuk Kesehatan Mata di Hari Tua

Fimela.com, Jakarta Ketika memikirkan tentang kerusakan yang disebabkan sinar UV dari matahari, orang kebanyakan khawatir mengenai kulit mereka. Padahal, sinar UV bukan hanya memberikan dampak buruk bagi kulit tetapi juga pada kesehatan mata. Time menulis, sinar UV juga mengancam kesehatan matamu, meski efeknya baru akan terasa ketika memasuki hari tua nanti. 

Menurut sebuah studi yang dibiayai oleh Institut Mata Nasional AS di tahun 2014, radiasi sinar UV bisa merusak protein pada lensa matamu. Jika paparan ini terus-menerus terjadi, mata akan mengalami beberapa gangguan, termasuk katarak. Karena itu, mengenakan sunglasses sangat penting ketika kamu keluar ruangan di siang hari. 

"Ketika kamu tidak mengenakan proteksi (kaca mata hitam), radiasi sinar UV yang tidak bisa kamu lihat masuk ke dalam mata, dan struktur mata sangat sensitif terhadap sinar tersebut," kata Dr. Rebecca Taylor, seorang dokter mata dan juru bicara klinis untuk American Academy of Ophthalmology. 

Retina mata, katanya menambahkan, memiliki area yang dikenal sebagai makula. Ketika cahaya masuk ke mata, cahaya akan menembak langsung kepada makula seperti laser. Hal inilah yang menyebabkan gangguan penglihatan, termasuk katarak. 

Kanker Mata dan Kebutaan di Masa Tua

Bukan hanya katarak, kerusakan pada mata akibat sinar UV ini juga bisa menyebabkan degenerasi pada makural. Seiring bertambahnya waktu, kerusakan bisa mengarah pada kebutaan di masa tua. Paparan sinar matahari juga terkait dengan kanker mata dan juga photokeratitis, yang bisa menyebabkan kebutaan sementara. 

Karena itu, mengenakan sunglasses dapat membantu menjaga kesehatan matamu dari sinar UV. Namun, menurut Taylor, kamu harus mengenakan kaca mata hitam yang mampu menahan 99-100% UVA dan UVB. Jadi, shades dan harga mahal bukan garansi, ya, Sahabat Fimela. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading