Sukses

Lifestyle

6 Langkah Mudah Membuat Anggaran Keuangan dengan Baik

Fimela.com, Jakarta Penganggaran adalah alat keuangan pribadi untuk mengendalikan uang. Anggaran adalah rencana tertulis untuk pribadi untuk bagaimana dirimu akan menggunakan uang tersebut dengan bijak. Hal ini memungkinkanmu untuk membuat keputusan lebih mudah mengalokasikan uangmu. Berikut ini adalah langkah mudah membuat anggaran keuanganmu supaya dapat menggunakannya dengan bijak.

Tentukan Penghasilan

Mulailah dengan menetapkan berapa besar penghasilanmu selama bekerja. Ini harus mencakup gaji yang diterima serta pendapatan dari sumber lain. jika memiliki bisnis, masukkan jumlah yang pendapatan dari total pendapatan bisnismu.

Sebutkan Pengeluaran Wajib

Biaya wajib adalah biaya yang harus dibayar setiap bulan. Sahabat Fimela dapat mengindentifikasi biaya wajib karena jumlahnya tetap, meskipun beberapa seperti tagihan listrik atau air dapat bervariasi dari bulan ke bulan. Jika dirimu memiliki kewajiban untuk membayar hutang, itu juga harus dimasukkan dalam pengeluaran wajib.

Mengidentifikasi Pengeluaran Diskresi

Mengindentifikasi pengeluaran diskresi, ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan tanpa sering memilih untuk menghabiskan uang. Itu adalah keinginan dan bukan merupakan kebutuhan misalnya seperti hiburan, penggunaan TV kabel, perawatan pribadi dan lainnya.

Pikirkan Alokasi Keuangan

Setelah dirimu memasukkan semua kategori pengeluaran, sekarang saatnya untuk memikirkan nominal yang diperlukan setiap kategori. Tuliskan apa yang menurutmu harus atau akan dibelanjakan di setiap kategori dalam sebulan.

Bandingkan Biaya Estimasi dengan Biaya Sebenarnya

Sekarang, kembali pada riwayat pengeluaran. Bandingkan nominal dalam beberapa kategori. Membandingkan estimasi dengan biaya yang sebenarnya harus dibayarkan perlu dilakukan. Ini untuk menghindari adanya kekurangan biaya atau adanya sisa uang yang dapat disisihkan untuk menabung.

Tetapkan Batasan Pengeluaran dengan Penghasilan

Setelah mengetahui berapa banyak pengeluaran setiap bulan dibandingkan dengan apa yang akan dibelajakan, inilah saatnya untuk menetapkan batasan pengeluaran. Mulailah dengan menganggarkan biaya wajib lalu kurangi dari penghasilanmu. Jumlah yang tersisa adalah yang dapat dianggarkan untuk pengeluaran pilihan atau tujuan untuk menabung. Apa yang dianggarkan untuk pengeluaran tidak boleh lebih dari penghasilanmu, jika tidak, dirimu akan kesulitan atau bahkan mungkin akan berhutang.

Sahabat Fimela juga harus melihat ke depan untuk besar pengeluaran yang akan datang. Perencanaan ini akan mempermudahmu dalam menggunakan uang dengan bijak dan tidak menjadi konsumtif.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
11 Alasan Kamu Tidak akan Pernah Jadi Kaya Raya
Artikel Selanjutnya
Fimela Fest 2021: Investasi Modern dengan Kripto Lebih Mudah dan Menjanjikan