Sukses

Lifestyle

5 Cara Mudah untuk Mengatasi Rasa Lelah Setelah Bangun Tidur

Fimela.com, Jakarta Memiliki tidur yang cukup dapat memengaruhi kesehatan seseorang, baik kesehata fisik atau pun kesehatan mental mereka. Namun sebagian orang mungkin mengabaikan tidur karena menyelesaikan pekerjaan hingga larut malam yang membuatnya tidak mendapatkan tidur yang cukup. Seseorang yang kurang tidur mungkin akan terasa lemas dan bahkan tidak bersemangat ketika mereka terbangun di pagi hari. Hal yang umum terjadi ketika merasa pusing saat bangun di pagi hari, ketika tubuh pulih dari tidur dan otak mempersiapkan diri untuk hari itu. Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk menghilangkan rasa lelah saat bangun tidur di pagi hari.

Perbaiki Jadwal Tidur

Faktanya adalah kebanyakan dari kita tidak tidur sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh jika dirimu merasa lelah sepanjang hari, mungkin karen tidak cukup istirahat di malam hari. Sebaiknya perbaiki jadwal tidurmu, mulailah dengan tidur lebih awal dari biasanya, hindari penggunaan ponsel sebelum tidur, dan buat suasana kamar menjadi lebih dingin dengan mematikan lampu 1 jam sebelum tidur. Tidur dan bangun di sekitar waktu yang sama setiap hari untuk mengatur ritme sirkadian.

Banyak Mengonsumsi Air

Asupan air yang tidak memadai dapat membuatmu merasa lelah. Letakkan segelas air di sebelah tempat tidur dan minum air tersebut saat terbangun. Air minum dapat merangsang pergerakan usus di pagi hari. Cara lain untuk membangunkan diri dengan air adalah mencoba mandi air dingin di pagi hari. Menurut sebuah penelitian, mandi air dingin dapat meningkatkan kewaspadaan.

Lakukan Peregangan dan Olahraga

Melakukan latihan ringan adalah cara terbaik untuk mengatasi kelelahan yang bukan disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya. Menariknya, mereka yang berlatih olahraga ringan mendapat lebih banyak manfaat, bahkan lebih banyak daripada mereka yang melakukan olahraga ringan.

Sarapan dan Hindari Makanan Manis saat Siang Hari

Sarapan sehatn akan memberikan energi untuk menjalani hari jadi jangan lupa untuk makan bahkan jika dirimu terburu-buru atau terlambat. Namun, Sahabat Fimela dapat mencoba menghindari makanan dengan tambahan gula yang berlebih, karena itu dapat membuat tubuh merasa lelah.

Kurangi Konsumsi Kafein

Minum terlalu banyak kafein dapat membuat seseorang merasa gelisah dan Nampak bingung. Kopi memengaruhi setiap orang secara berbeda sehingga, jika seseorang merasa cemas setelah mengonsumsi kopi atau minuman lain yang mengandung kafein, cobalah untuk membatasi asupan tersebut. Sedikit kafein di pagi hari bisa baik untuk seseorang dan mungkin akan membuatnya merasa berenergi.

Tetap jaga pola tidur dengan baik, buatlah jadwal tidur yang dapat diterapkan secara rutin yang dapat membuatmu lebih fresh dan dapat melakukan aktifitas tanpa dengan rasa lelah.  

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading