Sukses

Lifestyle

5 Cara Sedehana untuk Mengatasi Self-Hate yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Membenci diri sendiri bisa terasa seperti seseorang mengikutimu sepanjang haru dan setiap hari, mengkritik dan menunjukkan sikap kekurangan atau mempermalukanmu untuk setiap kesalahan. Hidup dengan kebencian terhadap diri sendiri membuatmu merasa lelah dan terasingkan. Untungnya, ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk menangkan kritikan batin, menenangkan pikiran negatif dan bergerak maju secara positif.

Kontrol Kritik Batin

Jika bergumul dengan kebencian terhadap diri sendiri, kritik batin mungkin merasa tanpa belas kasihan dan dirimu mungkin mulai mempercayai kritik kebencian itu. Ketika ini terjadi, cobalah untuk mengontrol diri dengan membedakan antara perasaan dan fakta.

Kuatkan Diri

Kekuatan diri dapat membantumu menenangkan kebencian diri sendiri. Jika merasa kesulitan untuk melakukannya sendiri, pertimbangkan untuk meminta bantuan kepada orang lain. hampir selalu lebih mudah untuk mengendalikan kekuaran orang lain daripada kekuaran  kita sendiri.

Belajar Menerima Pujian

Jika memandangi diri sendiri dengan cara penuh kebencian, dirimu mungkin akan merasa sulit untuk menerima pujian. Bahkan mungkin terasa asing dan tidak nyaman sehingga dirimu akan mengabaikannya atau meminimalkan untuk menghindari merasa rentan. Mempelajari cara menerima pujian akan membutuhkan latihan. Ketika ada seseorang mungkin memujimu ada baiknya dirimu untuk mengcapkan terima kasih kepada orang tersebut.

Kembangkan Rasa Belas Kasih

Orang-orang yang bergumul dengan kebencian terhadap diri sendiri sering memiliki sedikit atau tidak ada belas kasih terhadap diri mereka sendiri. Kenyataannya, gagasan untuk memiliki belas kasih diri sendiri bisa terasa membingungkan. Cara yang baik untuk memikirkan belas kasih diri adalah dengan berpikir tentang bagaimana dirimu akan memperlakukan seorang teman yang dicintai. Apakah dirimu akan memukulinya karena melakukan kesalahan atau mengingatkannya bahwa semua ini tidak ada yang sempurna? Itulah yang seharusnya dilakukan pada dirimu sendiri untuk menghargai diri sendiri. 

Praktekkan Kemampuanmu

Kebencian terhadap diri sendiri sering terfokus pada masa lalu, saat yang menyakitkan atau emosi seperti rasa malu, bersalah, kemarahan atau tidak berdaya. Lakukan yang terbaik untuk tetap di masa sekarang dan fokus pada seberapa jauh dirimu telah lalui. Ini mungkin membuatmu merasa tidak nyaman atau berbeda, tetapi seiring berjalannya waktu, ini akan membantumu mengurangi kebencian diri dan mendapatkan belas kasih diri.

Ingatlah bahwa menghentikan kebencian terhadapt diri sendiri membutuhkan waktu. Ketika membiarkan dirimu melepaskan kritik negatif, dirimu memberi ruang lebih banyak kedamaian dan koneksi dalam hidup.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

What's On Fimela
Loading