Sukses

Lifestyle

Memahami Arti Daring dan Luring, Cari Tahu Bedanya di Sini

Fimela.com, Jakarta Memasuki new normal era, masyrakat Indonesia kini mulai menjalani aktivitas sehari-harinya seperti biasa. Namun, demi menjaga keselamatan dan kesehatan para siswa dan mahasiswa, sejumlah sekolah dan universitas menerapkan sistem online atau virtual tanpa tatap muka langsung. Sistem ini juga dikenal dengan sistem pembelajaran daring

Jika dilihat dari KBBI Kemendikbud, daring adalah akronim dalam jaringan, terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya. Dilansir dari berbagai sumber, guru, dosen, siswa, dan mahasiswa kini melakukan kegiatan belajar-mengajar secara daring, termasuk pada saat pemberian tugas.

Dengan kata lain, pembelajaran daring adalah metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS). Seperti menggunakan Zoom, Google Meet, dan lainnya. 

Berbeda dengan daring, sistem pembelajaran luring merupakan sistem pembelajaran yang memerlukan tatap muka. Menurut KBBI Kemendikbud, luring adalah akronim dari luar jaring(an); terputus dari jejaring komputer. Misalnya, saat siswa dan mahasiswa belajar melalui buku pegangan siswa atau mahasiswa dan tenaga pengajar. 

Arti Daring dan Luring

Daring adalah istilah yang sangat populer baru-baru ini. Istilah ini sering digunakan dalam sistem pembelajaran, yang dilakukan secara online atau menggunakan internet.

Arti daring adalah akronim dari dalam jaringan, yang terhubung melalui jaringan komputer, internet dan lain sebagainya. Arti daring juga sering disamakan dengan suatu keadaan komputer yang dapat saling bertukar informasi, yang dihubungkan melalui internet.

Selain daring, terdapat istilah luring yang juga dikenal sebagai penerapan sistem pembelajaran. Luring adalah akronim dari luar jaringan yang terputus dari jejaring komputer, atau bisa juga disebut dengan pembelajaran dalam sistem offline.

 

 

Jenis Komunikasi Daring Berdasarkan Media

Komunikasi Sinkron Video Call

Jenis komunikasi daring yang pertama adalah komunikasi sinkron video call. Komunikasi ini menggunakan cara video call, untuk menghubungkan satu sama lain dalam sistem pembelajaran online. Sehingga setiap individu akan tetap bertatap muka dalam layar telepon atau komputer.

Komunikasi Sinkron Chat

Jenis komunikasi yang kedua adalah komunikasi sinkron chat, yang dilakukan dalam bentuk obrolan tulisan dengan lawan bicara, seperti ini WhatsApp Chat, Line Chat, SMS atau Short Massage Service dan lain sebagainya.

Komunikasi Sinkron Call

Jenis komunikasi yang selanjutnya adalah komunikasi sinkron call, yang komunikasinya menggunakan cara bertelepon, atau berkomunikasi secara lisan menggunakan media telepon. Sehingga kamu tetap bisa berbicara dengan lawan bicaramu pada sebuah aplikasi yang ada di telepon.

Komunikasi Asinkron Video.

Jenis komunikasi asinkron video adalah berbagi rekaman video dengan lawan bicara. Sehingga kamu tidak bisa bicara secara langsung dengan lawan bicaramu, melainkan hanya saling berkirim video saja melalui sebuah aplikasi.

Komunikasi Asinkron Chat

Jenis komunikasi yang terakhir adalah komunikasi asinkron chat, yang dilakukan dengan komputer atau smartphone, yang terhubung melalui jaringan internet. Tetapi komunikasi yang digunakan tidak bisa secara langsung, tetapi menggunakan pesan yang terjalin secara tertunda.

Tips Belajar Daring di Rumah

Belajar secara daring tentu memiliki tantangannya sendiri. Berbeda dengan luring, kamu bukan hanya membutuhkan suasana di rumah yang mendukung untuk belajar, tetapi juga koneksi internet yang memadai. Namun, proses pembelajaran yang efektif juga tak kalah penting. Lantas, bagaimana caranya siswa atau mahasiswa dapat bejalar daring dengan efektif? 

  • Komunikasi antar tenaga pengajar dan murid atau mahasiswa harus berjalan dengan baik pada saat melakukan video call. 
  • Aktif dalam berdiskusi baik dengan tenaga pengajar atau teman-teman. 
  • Managemen waktu bagi para siswa atau mahasiswa sangat penting. Meski belajar di rumah, pastikan kamu membuat catatan mana saja tugas yang sudah dikerjakan, dan mana tugas yang harus segera kamu selesaikan. 
  • Jangan lupa untuk tetap bersosialisasi dengan orang lain, termasuk anggota keluarga di rumah, serta teman-teman sekelas di luar sesi video call untuk mengasah kemampuan bersosialisasimu. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading