Sukses

Lifestyle

5 Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing tanpa Buru-Buru Dicuci

ringkasan

  • Daging Kambing Direndam dengan Air Kelapa
  • Daging Kambing Dibaluri Bawang Putih Halus
  • Daging Kambing Direndam dengan Susu

Fimela.com, Jakarta Daging kambing memiliki tekstur dan cita rasa yang khas. Berbagai hidangan lezat bisa dibuat dari daging kambing. Cuma masalahnya bau prengus atau bau tak sedap kambing kerap mengganggu rasa bahkan bisa merusak bumbu yang dicampurkan.

Bila mendapatkan daging kambing segar, sebaiknya jangan buru-buru dicuci dengan air. Kenapa? Karena daging kambing segar bisa dibilang punya karakteristik yang cukup unik. Bila dicuci lebih dahulu dan tidak langsung diolah (seperti disimpan lama), daging kambing segar justru akan makin bau. Daging kambing segar bila tak langsung diolah, cukup dipindahkan ke wadah lalu disimpan di dalam kulkas. Selain itu, bisa juga direbus lebih dahulu sebelum disimpan. Caranya daging direbus sampai mendidih. Dalam proses perebusan, semua busa dan kotoran yang mengapung disaring dan dibuang. Setelah daging empuk, tiriskan dan bisa disimpan atau langsung diolah dengan aneka bumbu lainnya.

Agar bau prengus daging kambing bisa hilang, ada sejumlah cara dan tips yang bisa dicoba. Berikut uraiannya.

1. Daging Kambing Direndam dengan Air Kelapa

Daging kambing cukup direndam selama 30 menit dengan air kelapa muda. Proses perendaman ini bisa bantu menghilangkan bau prengus daging kambing. Kandungan air kelapa tak cuma menghilangkan bau prengus, tapi juga akan membuat olahan lebih legit rasanya.

2. Daging Kambing Dibaluri Bawang Putih Halus

Baluri daging kambing dengan bawang putih halus. Diamkan selama  beberapa saat sebelum direbus dengan aneka rempah seperti jahe, kunyit, kayu manis, cengkeh, dan bunga lawang. Mengolah daging kambing dengan bawang putih, selain menghalau bau prengus, membuat rasa daging lebih enak dan membuat menu olahan daging kambing jauh lebih sehat.

3. Daging Kambing Direndam dengan Susu

Buang semua lemak yang menempel pada daging kambing. Kenapa? Karena bau prengus paling kuat justru berasal dari lemaknya. Bila ingin bau prengus cepat hilang, maka bagian lemaknya sebaiknya dibuang. Lalu, siapkan garam halus dan taburkan merata pada daging. Biarkan selama 1 jam. Garam akan bekerja memecah mioglobin yang membentuk serat pada daging sehingga daging tidak alot. Potong-potong dahulu daging jika ingin dolah dalam potongan kecil. Kemudian, tuang susu secukupnya hingga merendam daging. Diamkan selama 2-3 jam di dalam kulkas untuk menghilangkan baunya. Setelah itu, daging bisa mulai dibumbui dan diolah seperti biasa.

4. Daging Kambing Dilumuri Nanas Parut

Tips satu ini cukup efektif isa untuk menghilangkan bau amis pada daging kambing. Lumuri daging kambing dengan parutan nanas. Pilih nanas muda yang masih berwarna hijau, bersihkan kulitnya lalu parut. Rendam daging kambing ke dalam nanas parut tersebut sekitar lima menit. Selain menghilangkan bau, nanas parut membuat daging kambing lebih empuk.

5. Daging Kambing Direbus dengan Aneka Rempah 

Siapkan aneka rempah seperti jahe, kunyit, cengkeh, dan ketumbar yang memiliki aroma kuat. Aroma kuat aneka rempah dapat menghilangkan bau prengus daging kambing. Rebus daging kambing bersama dengan rempah-rempah agar empuk dan tidak berbau. 

Kita bisa memilih salah satu cara atau tips di atas untuk menghilangkan bau prengus daging kambing. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

What's On Fimela
Loading