Sukses

Lifestyle

4 Cara Turunkan Kolesterol dalam Darah dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Kolesterol diproduksi di dalam hati dan memiliki banyak fungsi penting. Misalnya seperti membantu menjaga dinding sel fleksibel dan diperlukan untuk membuat beberapa hormon. Namun, terlalu banyak kolesterol di dalam tubuh juga dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Berolahraga

Olahraga tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik dan membantu memerangi obesitas, tetapi juga mengurangi kolesterol yang berbahaya dari dalam tubuh. Olahraga dengan intensitas rendah seperti berjalan dapat meningkatkan HDL (High-Desity Lipoprotein). Latihan ketahanan dapat menurunkan LDL bahkan intensitas sedang.

Konsumsi Serat Larut

Serat larut adalah sekelompok senyawa yang berbeda dalam tanaman yang larut dalam air dan tidak dapat dicerna manusia. Namun, bakteri baik yang hidup dalam usus dapat mencerna serat larut. Bahkan bakteri tersebut membutuhkan untuk nutrisi mereka sendiri. Bakteri baik ini juga sering disebut dengan pobiotik, yang dapat mengurangi kolesterol LDL yang berbahaya bagi tubuh.

Hindari Lemak Trans

Lemak trans adalah lemak tak jenuh yang telah diproses yang disebut hidrogenasi. Lemak trans mungkin dapat meningkatkan kolesterol LDL bahkan ia juga dapat menurunkan HDL. Jika mengolah beberapa makanan cobalah untuk menghindari lemak trans seperti penggunaan margarin secara berlebihan. Perhatikan kandungan nutrisi yang terdapat dalam label makanan yang mengandung lemak trans.

Jangan Merokok

Merokok meningkatkan risiko penyakit jantung. Sel-sel kekebalan pada perokok tidak dapat mengembalikan kolesterol dari dinding pembuluh darah untuk diangkut ke hati. Kerusakana  ini terkait dengan tar dari tembakau, bukan nikotin. Sel-sel kekebalan yang disfungsional ini dapat berkontribusi pada pengembangan arteri tersumbat yang lebih cepat pada perokok.

Kolesterol memiliki fungsi penting dalam tubuh, tetapi dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan penyakit jantung saat tak terkendali.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading