Sukses

Lifestyle

Panduan Memilih Arti Nama yang Tepat untuk Bayi

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki arti nama dengan tujuan yang berbeda-beda. Entah itu sebagai doa, harapan, maupun panduan seseorang dalam menjalani hidupnya.

Dalam ilmu pengetahuan ada yang disebut sebagai onomastik atau onomatologi yang memang secara khusus mempelajari arti nama. Dalam satu nama seseorang biasanya terpaut nama depan dan nama belakang.

Referensi kata yang dipilih sebagai nama pun beragam. Mulai dari nama keluarga, tempat asal, hingga istilah khusus untuk menggambarkan si anak. Bagi kebanyakan orang, memilih arti nama untuk bayi merupakan aktivitas penting.

Bahkan beberapa daerah menjadikan pemilihan arti nama sebagai ritual dalam masyarakat yang dirayakan dalam sebuah upacara. Di samping untuk mengisi akta kelahiran.

 

Panduan memilih arti nama untuk bayi

Bagi orangtua yang sedang mencarikan nama bagi sang anak, ada sebuah panduan yang bisa diikuti. Panduan ini bukanlah panduan baku melainkan hanya sekadar gambaran untuk menentukan arti nama yang tepat bagi sang anak.

1. Mencari nama kata yang disuka

Orangtua bisa memulai mencari nama bayi dengan kata atau kalimat yang disuka. Dari kata tersebut, dibandingkan entri dari berbagai macam kamus bahasa untuk menemukan arti yang lebih relevan. Dalam beberapa metodologi dan keilmuan, sebuah kata bisa beragam makna.

2. Mencari nama yang terkait

Jika kamu memiliki idola, kamu bisa menjadikan namanya sebagai referensi. Kamus nama akan mencantumkan nama-nama yang serumpun. Misalnya, jika kamu menginginkan versi perempuan dari Charles. Kamu bisa memilih Charlene, Charlotte, Carole, Caroline, Carolina, Carly, Carla, Carlotta, Carolyn, Carrie, Charlize serta nama lain dengan berbagai variasi ejaan.

3. Mencari nama berdasarkan popularitas

Setiap Social Security Administration merilis kelahiran yang terdaftar di tahun sebelumnya. Kamu bisa menggunakan data tersebut untuk mencari referensi nama seperti apa yang paling banyak digunakan. Jika memiliki arti nama yang baik, tidak ada salahnya untuk menyematkan nama tersebut sebagai bagian dari nama anak.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading