Sukses

Lifestyle

Perbedaan Streaming dengan Live Streaming dan Aplikasi Legal yang Digunakan

Fimela.com, Jakarta Di zaman sekarang, sering kali mendengar istilah streaming atau live streaming, karena adanya fitur dari teknologi yang semakin canggih. Streaming dan live streaming bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat ponsel pintar, laptop atau komputer menggunakan internet.

Walaupun namanya hampir sama, ternyata streaming dan live streaming adalah hal yang berbeda. Streaming adalah menonton siaran yang bisa ditonton beberapa kali, kalau live streaming adalah menonton siaran secara langsung menggunakan internet.

Streaming dan live streaming juga berbeda dengan menonton siaran di televisi atau di radio. Karena streaming dan live streaming ini, di akses menggunakan website atau aplikasi, yang tersambung dengan internet. 

Yuk simak perbedaan pengertian streaming dengan live streaming, dan aplikasi streaming yg legal, dilansir dari berbagai sumber:

Streaming

Di masa pandemi seperti ini, banyak orang menghabiskan waktunya untuk melakukan streaming film, karena banyak bioskop yang sedang tutup.

Streaming adalah cara untuk menikmati suara atau video yang diunggah di internet. Suara atau video yang bisa diputar dan dinikmati terus menerus, tanpa harus mengunduh video atau suaranya terlebih dahulu.

Untuk membuat video streaming, biasanya pembuat video merekamnya terlebih dahulu kemudian diunggah ke situs online untuk dinikmati penontonnya. Video yang diunggah ke situs bisa berupa konten milik pribadi yang diabadikan dan bisa ditonton berulang kali, atau sebuah film atau drama yang diproduksi oleh perusahaan produksi film.

Beberapa situs online ada yang menyediakan fitur menonton video atau film secara online, dengan streaming yang menggunakan kuota data dan menyediakan fitur untuk mengunduh video tersebut. Beberapa media memiliki fitur untuk menikmati dan menyimpan video tersebut lalu ditonton secara offline atau tanpa jaringan internet.

Live Streaming

Hampir sama dengan streaming, live streaming juga merupakan cara untuk menikmati sebuah siaran melalui situs dan aplikasi, yang bisa diakses menggunakan internet. Bedanya, streaming adalah video yang bisa dinikmati secara berulang. Kalau live streaming adalah acara yang disiarkan secara langsung, dan bisa dinikmati pada saat itu juga.

Di masa pandemi ini, banyak sekali acara yang disiarkan melalui live streaming, seperti acara menonton konser, karena tidak diperbolehkan menonton konser secara langsung untuk memutus rantai virus corona.

Live streaming lebih banyak dinikmati oleh penonton dibandingkan streaming. Karena melalui live streaming, penonton hanya bisa menikmati acara saat itu saja. Selain itu penonton juga bisa memberikan komentar dan reaksi, serta berinteraksi dengan orang yang melakukan live streaming.

Karena live streaming ditayangkan secara langsung dan bisa dinikmati oleh penonton di waktu yang bersamaan, maka acara live streaming ditayangkan tanpa diedit. Tentu sensasinya berbeda. Video live streaming juga tidak bisa diunduh atau ditonton secara offline.

Aplikasi Streaming yang Legal

Netflix

Netflix merupakan salah satu aplikasi legal, yang menyediakan layanan streaming. Netflix memiliki banyak sekali konten video yang bisa dinikmati secara online, maupun diunduh terlebih dahulu dan dinikmati secara offline. Netflix menayangkan banyak sekali konten original, seperti drama-drama Korea.

Selain drama Korea, di aplikasi Netflix juga menayangkan film-film dari Barat, film Asia lainnya, termasuk film-film Indonesai, yang tayang dibioskop maupun film series, yang tidak ditayangkan di televisi.

Untuk menikmati streaming menggunakan aplikasi Netflix, kamu harus membuat akun terlebih dahulu, dan membayar biaya langganan dengan menggunakan kartu kredit.

Viu

VIU merupakan aplikasi streaming, yang bisa dinikmati secara ilegal di Indonesia, dan bisa dinikmati menggunakan akun gratis maupun akun berbayar.

VIU merupakan aplikasi streaming legal yang cukup populer, dan banyak digunakan oleh milenial. Karena aplikasi ini bisa digunakan untuk menonton drama Korea, yang sedang populer dimasa sekarang. Selain drama Korea, aplikasi VIU juga menayangkan berbagai drama Asia, Jepang, film-film hingga acara reality show yang tidak ditayangkan di televisi Indonesia.

Aplikasi VIU bisa diunduh di playstore atau appstore. VIU juga bisa diakses menggunakan web secara online. VIU juga bisa memudahkan penontonnya untuk menonton film kesayangan, karena ada fitur menonton secara offline, dengan mengunduh video yang ada di dalam VIU.

Aplikasi Live Streaming Legal

Vidio

Vidio adalah aplikasi untuk menonton live streaming secara legal. Vidio aplikasi lokal yang lahir pada tanggal Oktober 2014. Aplikasi Vidio ini diciptakan untuk dijadikan wadah bagi karya kreatif anak bangsa Indonesia tentang musik, seni, budaya, film, olahraga dan beragam karya video lainnya.

Awalnya aplikasi Vidio ini hanya berisikan konten dari SCTV, Indosiar dan dari pengguna Vidio. Tetapi pada akhir 2015, aplikasi Vidio ini bisa digunakan untuk menikmati acara live streaming, dan juga untuk streaming film populer.

Aplikasi Vidio ini bisa diakses secara gratis dan bisa diakses premium, dengan membayar biaya langganan yang tergolong murah dan ekonomis. Di aplikasi Vidio ini, Sahabat Fimela bisa menonton live streaming acara TV, olahraga, konser musik, berita lokal dan luar negeri hingga mendengarkan radio.

Youtube

Youtube adalah aplikasi yang sangat populer di seluruh dunia. Melalui aplikasi Youtube, Sahabat Fimela bisa menikmati streaming video secarea legal. Youtube bisa diakses secara gratis dan berbayar melalui web atau aplikasi. Bahkan video yang ada di Youtube juga bisa diunduh oleh penonton, dan ditonton secara offline.

Namun zaman sekarang, Youtube menyediakan fitur baru yaitu live streaming, yang bisa dinikmati oleh banyak penonton, dan bisa digunakan oleh pemilik akun Youtube.

Melalui fitur live streaming Youtube, kamu bisa menikmati tayangan dan siaran secara langsung dari youtuber kesayanganmu, seperti menonton live streaming video game, acara musik, tutorial merias wajah, podcast dan lain sebagainya.

What's On Fimela
Loading