Sukses

Lifestyle

BERANI BERUBAH: Jalani Bisnis Lama Sang Mama yang Berhasil Kebanjiran Order di Masa Pandemi

ringkasan

  • Marlene Hariman, sukses jalani bisnis kuliner rumahan di masa pandemi.
  • Cerita Marlene Hariman, yang merambah bisnis kuliner di tengah pandemi.
  • Mempopulerkan bisnis sang mama, Marlene Hariman sukses dengan Dapoer Manna.

Fimela.com, Jakarta Tahun 2020 diwarnai dengan kejadian tak terduga. Di tengah pandemi yang melanda, tak hanya ada cerita pilu yang bisa diambil. Justru, semangat dan kreativitas tanpa batas, mampu membawa pundi-pundi rejeki bagi banyak orang.

Cerita menarik Berani Berubah kali ini datang dari makeup artist ternama ibu kota, Marlene Hariman. Di dunia tata rias, sosoknya sudah tak perlu dipertanyakan lagi.

Namun selama masa pandemi, kita lebih sering melihat Marlene Hariman mengunggah makanan rumahan yang ia jual, dengan merek Dapoer Manna.

Variasi makanannya juga sangat beragam, mulai dari kreasi nasi seperti Nasi kuning, Nasi Bogana, Nasi Hainam. Ada pula pilihan Risoles Ragoet yang jadi favorit, hingga minuman kekinian Kopi Susu serta Thai Tea. Selain menu-menu di atas, masih banyak variasi lainnya yang bisa sahabat Fimela lihat di akun Instagram @dapoermanna.

Menjalani bisnis sang mama

Lalu, bagaimana Marlene Hariman bisa merambah bisnis kuliner? Ternyata, Marlene dengan senang hati membagai cerita menarik ini kepada Tim Fimela.com.

Saat sesi interview melalui telepon, Marlene bercerita jika ini adalah bisnis sang mama yang sudah sejak lama ada.

"Sebenarnya ini bisnis lama mamaku, namanya Inggrid Catering, sampai suatu hari tercetuslah ide untuk rebranding menjadi Dapoer Manna."

Aktivitas harian yang sibuk membuat Marlene dan saudara-saudaranya tidak fokus untuk membantu membesarkan bisnis sang mama. Namun saat pandemi muncul, sang mama memiliki ide untuk membuka Pre Order dari menu-menu yang dibuatnya untuk Dapoer Manna.

Promosi media sosial dan dari mulut ke mulut

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Dapoer Manna (@dapoermanna) on

Akhirnya, Marlene membantu sang mama untuk mempromosikan menu-manu yang akan dijual. Marlene mengaku jika awalnya sempat merasa gengsi kalau akun Instagram miliknya dipakai utuk membantu promosi masakan yang dijual sang mama. Namun dengan niat baik dan optimisme, Marlene pun membantu menjual makanan Dapoer Manna lewat media sosialnya.

Tanpa disangka-sangka, antusiasme konsumen sangat positif. Dari mulut ke mulut, dan dengan bantuan sosial media, Dapoer Manna mulai kebanjiran pesanan.

Pada momen ini, Marlene juga melihat peluang dari kerabat yang bisa digunakan sebagai media promosi. Kenalan selebritas juga turut membantu mempromosikan Dapoer Manna.

Namun Marlene mengaku jika, walau kenal dekat dengan para artis dan selebgram, ia tidak serta merta untuk bisa minta bantuan promosi dari mereka. "Walau kenal dekat, aku nggak main kirim aja, kita harus sopan dan menghargai mereka juga. Tanya bagaimana cara untuk mengirimkan makanan, rate posting media sosial mereka, dan lain sebagainya. Dan ternyata rekan-rekanku ini, banyak banget yang tidak minta bayaran, justru dengan senang hati mereka support gratis untuk bantu promosikan Dapoer Manna."

Siapa sangka efeknya ternyata sangat efektif untuk promosi, sehingga Dapoer Manna semakin banjir orderan.

Menjadi berkah bagi banyak orang

Di balik kesuksesan Dapoer Manna yang dijalani Marlene dan keluarga selama Pandemi, ternyata ada kisah menarik. Usaha rumahan ini nyatanya membuka rejeki banyak orang.

Marlene bercerita jika sang mama memiliki beberapa makeup artist dan langganan yang menata rambutnya secara rutin. Namun di masa pandemi, pekerjan yang menjadi sumber pemasukan utama terpaksa harus terkena dampak. Alhasil, merekalah yang membantu proses produksi Dapoer Manna, sehingga bisa menjadi sumber pemasukan yang bermanfaat.

Menurut Marlene, ke depannya Dapoer Manna akan tetap berjalan, dan ia sedang memikirkan bagaimana agar semuanya tetap terkontrol dengan baik.

"Jualan makanan itu sulit, kontrol, kualitas makanan dan servis, adalah segalanya untuk menjaga kualitas produk yang kita jual."Oleh sebab itu, ke depannya Marlene juga berencana untuk menambah orang untuk membantu proses order, karena selama ini Marlene masih menjalaninya sendiri.

 

Menerapkan prinsip yang ia lakukan di bisnis makeup

Saat ditanya prisnisp apa yang ia terapkan dari makeup ke bisnis kuliner? Marlene menyebutkan jika waktu dan servis adalah segalanya.

Baginya ramah kepada customer serta bisa mempertanggung jawabkan produk yang ia tawarkan menjadi kunci keberlangsungan bisnis agar bisa bertahan lama. Sedangkan waktu tentu sangat penting, karena kualitsa makanan dan waktu sangat berpengaruh. Begitu juga saat Marlene Makeup. Hal inilah yang menjadi prinsip untuk menjalani kedua bisnis yang bertolak belakang ini.

Melihat kesuksesan Dapoer Manna, tentu menjadi cerita menarik yang bisa kita petik di masa pandemi. Jadi, walau banyak keterbatasan, bukan kita tidak bisa berkarya. Justru kita harus memanfaatkan dan jeli terhadap peluang agar bisa jadi hal positif di tengah kondisi yang tidak menentu seperti sekarang ini.

Bagi Sahabat Fimela yang penasaran dengan kenikmatan sajian yang dihadirkan oleh Dapoer Manna, apalagi risoles yang jadi unggulan favorit banyak orang, langsung saja follow akun Instagram @Dapoermanna dan segera order menu yang kamu inginkan.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading