Sukses

Lifestyle

Tetap Semangat Rayakan HUT RI di Tengah Pandemi

Fimela.com, Jakarta Kita semua pasti punya pengalaman tak terlupakan terkait negeri kita tercinta Indonesia. Ada kebanggaan yang pernah kita rasakan sebagai bagian dari Indonesia. Kebanggaan terhadap keindahan alam Indonesia, kekayaan tradisi dan budaya, kecintaan terhadap masyarakat Indonesia, dan lain sebagainya. Kita pun punya cara tersendiri dalam mengartikan kebanggaan terhadap tanah air ini. Melalui Lomba Share Your Stories Bulan Agustus: Bangga Indonesia ini, Sahabat Fimela bisa berbagi cerita, pengalaman, dan sudut pandang tentang hal tersebut.

***

Oleh: Bunga Monintja

Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini terasa berbeda. Di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri, membuat kegiatan pun serba dalam keterbatasan. Begitu pula dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan yang ke-75 tahun.

Jika di tahun-tahun sebelumnya, kita bisa bebas merayakan dengan berbagai perlombaan, tahun ini, harus menerapkan protokol kesehatan. Namun selalu banyak cara mengekspresikan peringatan yang tak boleh hilang dari kebiasaan warga di daerah khususnya, dalam rangka memeriahkan kemerdekaan negara tercinta Indonesia.

Kemeriahan Warga RT 03 Menyambut Hari kemerdekaan RI

Kebanggaan warga wegara Indonesia, dirasakan pula oleh seluruh warga di daerah tempat tinggalku RT 03 Perumahan Griya Sumber Indah, di Kabupaten Cirebon. Sudah jauh-jauh hari berbagai atribut dan umbul-umbul dipasang di tiap gang dan rumah warga. Bendera merah putih disertai lampu warna-warni tampak terhias indah, apalagi jika malam berganti, akan terasa warna-warni yang berkelip di setiap jalan perumahan warga RT 03.

Tak hanya itu, berbagai perlombaan yang dilakukan anak-anak sampai ibu-ibu, turut serta memeriahkan acara. Jauh sebelum hari kemerdekaan tiba, susunan kepanitiaan, acara lomba yang akan dilaksanakan sampai sumber donasi untuk hadiah, terkonsep dengan matang.

Merah Putih Minggu Pagi 

Setiap Minggu pagi, ibu-ibu warga RT 03 selalu rutin melaksanakan senam pagi di jalanan komplek perumahan. Sudah jauh-jauh hari dipersiapkan pakaian dan atribut yang bertemakan merah putih sebagai bentuk kecintaan terhadap tanah air Indonesia.

Seragam dan atribut merah putih mewarnai senam Minggu pagi. Menambah semangat dan sukacita ibu-ibu yang hampir semua hadir. Semakin menyemarakkan suasana.

Tasyakuran Sebagai Wujud Penghormatan pada Para Pejuang

Di setiap tahun, kemeriahan itu selalu dilaksanakan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI. Adanya pandemi Covid-19 yang masih menjadi sesuatu hal yang menakutkan, tak menyurutkan semangat warga untuk tetap melanjutkan kegiatan rutinnya.

Dari mulai orang tua sampai dengan anak-anak berbaur jadi satu dengan kostum merah putihnya, menyelenggarakan acara tasyakuran dengan penuh penghayatan. Acara tersebut tentunya menerapkan protokol kesehatan, dengan tersedianya tempat cuci tangan.

Acara tasyakuran tersebut dilaksanakan sebagai wujud penghormatan pada para pejuang kemerdekaan, yang telah berkorban jiwa dan raga untuk mempertahankan negera kita tercinta, warga RT 03 rutin melaksanakan tasyakuran di malam 17 Agustus. 

Kegiatan tersebut diisi dengan doa, menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya dan kemerdekaan RI, sambutan ketua RT dan tamu undangan yang berisikan tentang perjuangan para pahlawan dan semangat kemerdekaan yang harus dimiliki warga. Acara diakhiri dengan makan-makan diiringi musik syahdu.

Semangat Kemerdekaan yang Harus Tetap Berkobar 

Semangat kemerdekaan tentunya tak boleh berhenti sampai di hari kemerdekaan RI saja. Harus selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud cinta tanah air dan bangga menjadi warga negara Indonesia.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjadi kebanggaan negeri tercinta ini. Sebagai pelajar sudah seharusnya belajar dengan rajin dan sungguh-sungguh. Apalagi jika bisa menunjukkan bakat dan kemampuan diri untuk mewakili ciri khas bangsa, khususnya di lingkungan sekitar, dan umumnya di kancah internasional.

Sebagai orang tua, sudah sepatutnya memberikan contoh yang baik bagi putra-putri tercinta agar mereka bisa menjadi orang yang berguna dan sukses di kemudian hari. Banyak hal juga yang bisa kita lakukan sebagi diri pribadi yang bisa mencerminkan wujud bangga menjadi warga negara Indonesia. Mengasah bakat dan kemampuan yang dapat bermanfaat bagi orang banyak. Hal itu sebagai bukti, tidak hanya mencintai diri sendiri, akan tetapi cinta tanah air dengan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan generasi bangsa yang lebih baik.

Pandemi yang Takkan Menghalangi Semangat Kemerdekaan

Meskipun pandemi Covid-19 masih menjadi polemik di tengah negeri tercinta kita Indonesia khususnya, tapi jangan sampai menyurutkan semangat kemerdekaan kita dan membatasi segala aktivitas yang akan menghalangi totalitas kita dalam memberikan manfaat bagi orang banyak.

Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, kita harus terus melangkah ke depan, menjaga diri dan keluarga, melakukan hal-hal positif tanpa mengurangi kualitas diri, dan terus berdoa.

Semoga pandemi ini segera berlalu dari negeri kita dan juga bumi ini. Agar kita bisa bebas melangkah meniti masa depan yang lebih baik. Menata hari esok dengan rancangan-rancangan yang membangun negeri, dan melahirkan generasi penerus bangsa yang menjadi kebanggaan di mata dunia.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading