Sukses

Lifestyle

4 Tips Atasi Mood yang Kurang Stabil saat PMS

Fimela.com, Jakarta Sindrom pramenstruasi atau sering di sebut PMS memengaruhi sebagian besar perempaun usia produktif. Ketika PMS sebagian besar perempuan akan mengalami perubahan suasana hati pada hari-hari sebelum menstruasi. Meskipun gejala PMS seperti mudah tersinggung, marah dan perubahan suasana hati, merupakan gangguan bulanan bagi kebanyakan perempuan. PMS yang parah dapat melemahkan emosi bagi sebagian perempuan. Perubahan gaya hidup dapat membantu perempuan mengontrol suasana hati dan emosionalnya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membantu mengatasi perubahan suasana hati saat PMS.

Olahraga

Aktivitas fisik dapat mengontrol suasana hati dengan baik. Berolahraga diyakini membuat endorfin, zat kimia otak yang membuat perasaan nyaman yang dilepaskan selama berolahraga. Olahraga dapat membantu melawan beberapa perubahan hormon yang dapat memicu PMS parah. Latihan fisik juga dapat meningkatkan energi dan membantu mengatasi kram dan kembung selama menstruasi.

Makan Porsi Kecil Tetapi Sering

Makan dengan porsi kecil sepanjang hari daripada makan besar dapat juga membantu meringankan gejala PMS. Makan besar, terutama yang tinggi karbohidrat dapat menyebabkan perubahan gula darah yang dapat memperburuk PMS. Cobalah makan enam porsi kecil seharian untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Hindari Kafein dan Alkohol

Menjauhi kopi dan minuman berkafein lainnya selama 2 minggu sebelum menstruasi dapat membuat suasana hati berbeda karena kafein dapat meningkatkan kecemasan, kegugupan dan insomnia. Hindari permen, sodan dan makanan manis lainnya terutama pada minggu sebelum menstruasi. Ini dapat membantu meringankan gejala PMS yang parah dengan mencegah perubahan suasana hati yang berkait dengan fluktuasi gula darah.

Mengelola Stres

Stres dapat memperburuk gejala PMS yang parah, jadi mencari cara untuk menghilangkan stres dapat membantu mengobati PMS. Cobalah teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam dan yoga.

Kondisi ini memang umum terjadi, tetapi sebisa mungkin untuk mengatasinya dengan melakukan beberapa hal di atas.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Kenali Bahaya Mengonsumsi Mie Instan yang Berlebihan
Artikel Selanjutnya
Waspada! 5 Larangan yang Harus Dihindari saat Menstruasi