Sukses

Lifestyle

5 Resep Ramuan Jamu Tradisional untuk Menurunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Memiliki berat badan ideal merupakan impian setiap perempuan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan. Mulai melakukan olahraga, mengatur pola makan yang sehat, hingga mengonsumsi jamu tradisional.

Jamu tradisional merupakan obat herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti tumbuhan, akar-akaran, daun, batang dan juga buah. Jamu tradisional sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah, dan tentunya tidak perlu mengeluarkan uang banyak, seperti untuk membeli obat atau suplemen diet.

Jamu tradisional dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat lainnya, selain membantu menurunkan berat badan. Berikut resep ramuan jamu tradisional, yang bisa membantu menurunkan berat badan, dilansir dari berbagai sumber:

Daun Jati Cina

Daun jati cina atau yang memiliki nama lain Alexandria senna, merupakan bahan alami yang bisa digunakan sebagai jamu tradisional. Daun jati cina ini sudah terkenal sejak abad ke-9 sebagai obat herbal.

Bahan jamu yang awalnya terkenal di masyarakat arab ini, memiliki kandungan zat laksatif, yang dipercaya bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan ini juga bisa membantu mengontrol lemak yang ada di dalam tubuh, dan juga mengontrol kolesterol. Kandungan dari daun jati cina ini juga bisa membantu menurunkan berat badan, dan membantu melancarkan BAB.

Untuk membuat jamu tradisional dengan daun jati cina sangatlah mudah. Sahabat Fimela hanya perlu menyiapkan 2 hingga 3 sendok makan daun jati cina, dan memasukkan daun tersebut ke dalam gelas yang digunakan untuk minum. Campurkan daun jati cina dengan air panas, dan aduk hingga air berubah menjadi warna cokelat.  Lalu jamu ini bisa diminum maksimal tiga kali sehari sehabis makan.

Jahe

Jamu tradisional yang bisa membantu menurunkan berat badan selanjutnya yaitu jahe. Jahe adalah bahan herbal yang dipercaya sejak dulu, yang memiliki banyak manfaat, seperti menurunkan berat badan, menghangatkan dan membuat tubuh menjadi sehat.

Jahe yang dikenal sebagai obat herbal untuk menjaga sistem imun tubuh ini, bisa membantu mengontrol nafsu makan, mengurangi lemak yang ada di perut, dan membantu memperlancar BAB, sehingga cocok dinikmati untuk seseorang yang sedang menjalankan program diet.

Jamu tradisional yang satu ini sangat mudah untuk dibuat di rumah. Sahabat Fimela bisa menyiapkan satu ruas jahe yang sudah di cuci bersih, lalu dipotong tipis-tipis dan di rebus dengan dua gelas air. Setelah ramuan tersebut mendidih, jamu tersebut bisa dinikmati sebelum tidur malam.

Lemon

Lemon adalah buah yang dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Sehingga buah lemon ini sering kali dijadikan jamu untuk orang yang sedang diet. Kandungan vitamin C yang kaya di dalam lemon, bisa membantu mendetoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh.

Perut buncit bisa saja disebabkan karena tubuh terlalu banyak menyimpan racun, dan karena mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit. Buah lemon yang bisa membantu melancarkan BAB ini, juga bisa membantu meningkatkan produksi sel imun di dalam tubuh.

Cara membuat jamu tradisional yang satu ini sangat sederhana. Langkah pertama siapkan satu buah lemon, kemudian peras buah lemon tersebut, dan campurkan segelas air hangat. Jamu tradisional ini bisa dinikmati setiap hari sebelum makan.

Teh Hijau

Jamu tradisional yang berikutnya adalah teh hijau. Teh hijau merupakan obat herbal, yang dipercaya bisa membantu menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh, menjaga nafsu makan dan membantu menurunkan berat badan.

Teh hijau dijadikan sebagai antioksidan, yang bisa membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh, mencegah penyakit kanker, menjaga kesehatan jantung, mempercepat sembuhnya luka, dan bisa membantu menjaga kesehatan kulit.

Teh hijau bisa diseduh dengan air hangat, dan dicampurkan perasaan lemon atau setengah sendok madu, lalu di nikmati pada pagi hari saat perut masih kosong.

Asam Jawa

Jamu tradisional yang terakhir adalah asam jawa. Walaupun memiliki rasa yang cukup asam, namun asam jawa juga dijadikan sebagai jamu tradisional, yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Asam jawa memiliki kandungan flavonoid yang merupakan antioksidan dan kaya akan serat, sebagai penangkal radikal bebas di dalam tubuh, mencegah penggumpalan darah, mencegah alergi, menguatkan sistem imun, menyehatkan sistem pencernaan dan melancarkan BAB.

Untuk membuat asam jawa, siapkan asam jawa yang sudah di remas, lalu tambahkan madu atau gula rendah kalori, tuang air hangat dan aduk rata. Minuman ini bisa dinikmati setiap hari setelah makan.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
33 Kutipan Buku How to Win Friends and Influence People yang Menginspirasi
Artikel Selanjutnya
9 Arti Mimpi Beli Baju Baru yang Jadi Pertanda Baik